Sukseskan Pilkada 2020, HSU Deklarasi Pemilihan Damai dan Protokol Kesehatan Covid-19

AMUNTAI, klikkalsel.com – Mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) tahun 2020, khususnya di wilayah Kabupaten HSU yang aman, damai, berkualitas dan bermartabat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten HSU bersama Pemkab HSU dan Forkopimda menggelar Deklarasi Pemilihan Damai dan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor KPUD Kabupaten HSU, Kamis (10/9/2020). Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri mengatakan, kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan ke warga Kabupaten HSU, atas penyelenggaraan Pilgub Kalsel tahun 2020 serta protokol kesehatan.

“Deklarasi pemilihan damai ini juga merupakan kegiatan yang digelar secara serentak secara nasional di seluruh wilayah Indonesia yang melaksanakan Pemilu Kepala Daerah,” katanya.

Rina juga menyakinkan, seluruh petugas yang akan berkerja selama setiap tahapan pilkada sudah dibekali Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari KPU Kabupaten HSU, Badan Adhoc tingkat Kecamatan, TPS sampai dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Kami berharap kerjasama dari seluruh pihak, sehingga pelaksanaan Pilgub 2020 ini bisa berjalan dengan lancar dan dengan diterapkannya protokol kesehatan sehingga dapat mencegah penularan Covid-19,
khususnya di Kabupaten HSU,” terangnya.

Baca juga : Ini Isi Lima Poin Pakta Integritas yang Disepakati Pasangan Calon, 

 

Sementara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyampaikan, meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, Pilkada serentak tahun 2020 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten HSU, dirinya menyambut baik langkah jajaran KPUD dan Bawaslu Kabupaten HSU atas inisiasi kegiatan tersebut.

“Adanya deklarasi ini, diharapkan nantinya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur memberikan jaminan, selain kedamaian menjadi pemilihan yang berkualitas, bermartabat dan tetap menjaga dan mempertahankan protokol kesehatan bagi masyarakat,” tegasnya.

Bupati Wahid juga menyebutkan, deklarasi ini tidak lain adalah bentuk nyata dari bagian upaya kita dan komitmen kita, untuk bersama sama mewujudkan pelaksanaan Pilgub Kalsel tahun 2020, khususnya diwilayah Kabupaten HSU yang aman, damai, berkualitas dan bermartabat dengan tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam mensukseskan pelaksanaan Pilgub Kalsel tahun 2020, maka satu unsur penting yang sangat menentukan sukses atau tidaknya pesta demokrasi ini adalah adanya partisipasi dari seluruh elemen masyarakat.

“Kita tentu berharap masyarakat bisa mencintai pimpinannya, begitu pula sebaliknya Pimpinan Daerah bisa dengan ikhlas dan sungguh-sungguh mencintai seluruh masyarakatnya,” tukasnya.

Dalam deklarasi selain dihadiri Bupati HSU H. Abdul Wahid HK, juga berhadir Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, Dandim 1001/Amuntai-Balangan diwakili Pasi Ops Letda Inf Mulyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Amuntai Novan Hadian, Ketua DPRD Kabupaten HSU Almien Ashar Safari, Ketua KPUD Kabupaten HSU Rina Mei Saputri dan Ketua Bawaslu Kabupaten HSU Syardani.

Kemudian, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sugeng Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dr. H. Agus Fidliansyah, Kepala Diskominfo Kabupaten HSU H. Adi Lesmana, serta perwakilan Parpol dari Partai Golkar, Partai PPP, Partai PKB, Partai PKS, Partai PDIP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai PBB dan Partai Perindo.

Dalam acara ini, disamping pembacaan ikrar bersama deklarasi pemilihan damai, juga ditandai pembagian masker secara gratis kepada masyarakat, di Bundaran Kota Amuntai oleh peserta deklarasi pemilu damai. (doni)

Editor : Akhmad