SK Pengusungan Bakal Calon Bupati Balangan dari DPP Partai Golkar jadi Kado Milad Ansharuddin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Milad ke-62 Bupati Kabupaten Balangan, H Asharuddin mendapatkan kado istimewa dari DPP Partai Golkar. Surat Keputusan (SK) pencalonannya untuk mengincar kursi bupati periode ke 2 telah direstui Partai Golkar.
SK bernomor : SKEP-140/DPP/GOLKAR/VII/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus tertanggal 12 Juli 2020, di Jakarta sudah diterima Ansharuddin.
SK tersebut memutuskan tentang pengesahan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Balangan periode 2020-2024 yang menetapkan H Ansharuddin sebagai calon Bupati dan M Nor Iswan sebagai calon Wakil Bupati.
Baca juga : Sah, Lima Jago Golkar di Pilkada Kalsel 2020 Terima SK DPP
“Iya hari ini pak Ansharuddin berulang tahun, dan kemarin sudah menerima SK pengusungan dari DPP Partai Golkar, ya jadi kado istimewa di milad beliau yang ke-62,” tutur Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Balangan, H Yusmadinor, Senin (13/7/2020).
Menurut Yumadinor, Ansharuddin yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Balangan sejak awal sudah didukung oleh DPD Partai Golkar Kalsel untuk melanjutkan periode ke-2 sebagai Bupati.
Koalisi pasangan Ansharuddin-M Nor Iswan (ANIS) disampaikan Yusmadinor, sudah mengantongi 2 SK, selain Partai Golkar juga ada SK dari PKS. Jika dilihat dari jumlah kursi yang akan menopang kekuatan pasangan ANIS jumlahnya 13 kursi dengan rincian Partai Golkar 6 kursi, PKS 2, PAN 2 kursi, PBB 1 kursi dan Gerindra 2 kursi.
“Kesiapan pasangan ANIS menatap Pilkada 2020 di Balangan sangat matang, ini dibuktikan dengan penjajakan koalisi yang dilakukan. Bahkan PKS juga sudah mengeluarkan SK pengusungan, sementara partai koalisi lainnya masih berproses,” ujar Yusmadinor.
Kendati masih menunggu SK dari partai koalisi lain, namun Partai Golkar dan PKS sudah melebihi syarat dukungan parlemen (jumlah kursi) yang hanya membuthkan 5 kursi untuk maju di Pilkada 2020.
“Kita kan tetap membuka ruang koalisi, Partai Golkar dengan 6 kursi sudah cukup, karena saratnya harus memiliki 5 kursi di DPRD. Partai kita terbuka untuk membangun Balangan lebih maju lagi,” imbuhnya.
Sementara Ketua Tim Relawan Pemenangan Ansharuddin-Iswan (ANIS) Syarifuddn A menyapaikan ucapan syukurnya, terkait dukungan dari partai berlambang Beringin ini.
“Ini akan menambah dukungan kursi (enam kursi) bagi pasangan ANIS, sehingga sampai saat ini sudah ada delapan kursi,” jelasnya.
Sisi lain, para kandidat lain seperti H Syaifullah yang digadang-gadang akan berpasangan dengan H Eduarny Tarmiji dan H Listiani yang akan merangkul salah satu tokoh agamis hingga kini belum mendapatkan satupun parpol pendukung.
Sedangkan Parpol pemilik kursi di DPRD Balangan, diluar Golkar, PPP, PKS dan Nasdem hingga kini masih belum ada yang memberikan rekomendasi untuk pasangan peserta Pilkada.
Calon perseorangan (independen) Rija Jihadi dan M Arsyat dokumen persyaratan untuk maju sebagai calon independen yang diterima KPU sedang dilakukan verifikasi guna menentukan memenuhi syarat atau tidaknya.(rizqon/fitri)
Editor : Akhmad