Jumat, September 24, 2021

Sinergitas TNI Polri, Bantuan 67 Kursi Roda Warnai Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke-73

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Lanud Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar aksi sosial Peringatan Ke – 73 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Tahun 2020. Kegiatan dengan tema “TNI AU Peduli Rakyat Banua” tersebut menyalurkan bantuan 67 buah kursi roda kepada anak disabilitas.

Kegiataan sosial ini dipimpin Danlanud Syamsuddin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj berlokasi di Lapangan Volly Ball Lanud Syamsudin Noor, Selasa (4/8/2020). Turut hadir unsur Forkominda di antaranya Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, Kepala BNNP Kalsel, Kabinda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Karo Ops Polda Kalsel dan Direktur Lantas Polda Kalsel, serta pimpinan jajaran TNI Danrem 101/Antasari dan Danlanal Banjarmasin.

Bhakti Sosial ini disemarakan dengan kegiatan Gowes Bersama unsur Forkopimda Kalsel.
Dilanjutkan Penyerahan bantuan berupa 67 buah kursi roda kepada anak disabilitas dan 100 paket sembako guna meringankan beban dimasa Pandemi Covidd-19 saat ini.

Sebanyak 10 orang perwakilan dari 67 penerima kursi roda dan sembako menerima langsung bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari serta Danlanud Syamsuddin Noor. Selain itu dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan alat pelindung diri (APD) kepada 5 Puskesmas dan juga 5 Klinik di wilayah Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Danlanud Syamsuddin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, menyampaikan bahwa tanggal 29 Juli 1947 menjadi titik awal upaya kemanusiaan yang terus dilaksanakan dan dilakukan TNI AU hingga generasi saat ini. Melalui kegiatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Ia menambahkan dalam rangkaian pelaksanaan Bhakti Sosial juga digelar kegiatan lainnya. Diantaranya operasi katarak, bibir sumbing serta pemberian kaki palsu gratis.

“Hingga hari kemarin sudah terdaftar 350 masyarakat dari seluruh Kalimantan Selatan, serta pemeriksaan gigi gratis untuk seluruh Kecamatan Landasan Ulin bagian anak-anak SD,” tuturnya.

Selain itu, Lanud Syamsuddin Noor juga melaksanakan beberapa kegiatan peduli Covid-19 bekerja sama dengan Yayasan Media Group. Dengan menyalurkan bantuan APD lengkap sampai dengan sepatu boot serta hand sanitizer sejumlah ribuan dan ratusan liter.

Bantuan tersebut diserahkan kepada 10 rumah sakit se-Kalimantan Selatan, rumah sakit Provinsi, Kota dan Kabupaten, rumah sakit TNI dan Polri yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19. Danlanud Syamsuddin Noor menambahkan bantuan juga disalurkan ke Puskesmas dan Klinik yang merupakan ujung tombak dalam pemetaan ataupun pencarian pasien-pasien yang terdampak Covid-19.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noo mengapresiasi pelaksaan peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang ke-73 tahun 2020. Menurutnya, sangat membawa manfaat bagi masyarakat di tengah situasi sulit pandemi Covid-19.

Terkhusus kepada keluarga besar pangkalan TNI AU Syamsuddin Noor, Gubernur yang akran disapa Paman Birin berharap momen hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Udara dapat memperkuat TNI dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat khususnya dalam menggunakan modal modal transportasi udara.

“Saya sangat senang melihat semangat dan keceriaan para hadirin di pagi hari ini untuk hidup bersama untuk hidup secara sehat dengan membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin seperti bersepeda santai yang telah kita laksanakan pagi tadi,” ujarnya.

Tak lupa, Paman Birin pun mengingatkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) salah satu kunci utama menghadapi Pandemi Covid-19. Sebab hal tersebut dapat meningkatkan imun tubuh guna mencegah penularan Virus Covid-19 maupun penyakit lainnya.

“Dalam kesempatan yang baik ini pula, Kami mengajak untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan disiplin dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas serta mensosialisasikan dan mengajak masyarakat lain, selain itu tetap waspada dengan kebakaran hutan dan lahan di daerah khususnya sekitaran lokasi bandara yang merupakan area prioritas penanganan kebakaran hutan dan lahan,” pungkasya.

Di samping itu, pada kesempatan yang sama Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta yang turut berhadir berharap sinergitas antara TNI dan Polri terus terjalin dan semakin solid.

“Hal ini menunjukkan sinergitas antara Polri dan TNI, mulai dari hulu hingga hilir, yang tetap solid menjaga keamanan NKRI” pungkas Jenderal bintang dua tersebut. (rizqon)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan