Satu Pasien Positif Covid-19 Membaik, Empat Sisanya Masih Ada Keluhan Medis

Tim medis membawa pasien Suspect Covid-19 ke ruang isolasi IGD RSUD Datu Sanggul Rantau, dalam simulasi penanganan dan pencegahan Covid-19. (foto: dok klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Juru Bicara Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) M Muslim saat ini menyatakan ada 5 kasus pasien positif terinfeksi Virus Corona. Dari pemantauan, beberapa pasien mengalami sesak nafas di tengah perawatan intensif di RSUD Ulin Banjarmasin.
Berdasarkan update per tanggal Senin 30 Maret 2020 pukul 16.00 WITA, Muslim memaparkan 5 pasien positif Covid-19 itu terdiri dari tiga daerah, yakni Kota Banjarmasin 2 orang, Kabupaten Banjar 2 orang dan Kabupaten Tabalong 1 orang. Saat ini mereka tengah berjuang untuk kesembuhan dari virus asal Wuhan, China tersebut.
Kasus pertama yang terkonfirmasi positif yaitu Pasien Ulin 1 laki-laki usia 46 tahun asal Banjarmasin, pada tanggal 22 Maret. Tutur Muslim, perkembangan terbaru kondisi pasien mulai membaik.
Baca Juga : Gubernur Kalsel Tinjau Posko Screening Test Covid-19 di Perbatasan Kalsel-Kalteng
Kemudian, empat kasus terkonfirmasi sekaligus di tanggal yang sama Senin (30/3/2020). Muslim yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kalsel menerangkan, empat pasien mengalami keluhan medis yang bervariatif.
Kemudian Pasien Ulin 9 perempuan usia 50 tahun rujukan asal Kabupaten Banjar sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kemudian menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sempat dinyatakan negatif hasil uji laboratorium spesimennya, pada 27 Maret 2020.
Namun, saat itu kondisinya masih lemah dan tidak diperbolehkan pulang. Terbaru hasil uji laboratorium yang bersangkutan dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.
“Kemudian yang juga terkonfirmasi positif ketiga Ulin 10, laki-laki 45 tahun dari Martapura, Kabupaten Banjar. Kondisinya saat ini masih ada batuk namun sesak berkurang,” jelasnya.
Pasien terkonfirmasi positif ke 4 adalah Ulin 11, laki-laki usia 56 tahun rujukan kota Banjarmasin. Kondisinya masih mengalami sesak nafas.
“Terakhir yang ke 5, Ulin 13 laki-laki usia 21 tahun rujukan Kabupaten Tabalong. Kondisi masih ada batuk dan sesak nafas,” sebut Muslim.
Belakangan diketahui, mereka yang terinfeksi ada riwayat pernah bepergian ke daerah terjangkit virus corona. Kendati demikian, masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan imbauan pemerintah guna menekan dan memutus mata rantai wabah Covid-19.
Diantaranya mengamalkan pola hidup bersih dan sehat, sosial distancing dan physical distancing, terlebih Masyarakat juga diminta agar tidak bepergian ke daerah terjangkit. Sebab yang bersangkutan berpotensi terjangkit serta menjadi pembawa virus corona saat pulang ke daerah asal.
Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan per data 30 Maret 2020 berjumlah 1.163. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang dan pasien positif Covid-19 berjumlah 5 orang. Untuk total ada 12 pasien yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin. (rizqon)
Editor : Akhmad