Gubernur Kalsel Tinjau Posko Screening Test Covid-19 di Perbatasan Kalsel-Kalteng

TANJUNG, klikkalsel.com – Posko screening test di Desa Karangan Putih, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Tengah mendapat peninjauan langsung dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Senin (30/3/2020).
Dalam peninjauan tersebut, Paman Birin sapaan akrab Sahbirin Noor didampingi Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, Wakil Bupati Tabalong, Mawardi, Sekda Tabalong, AM Sangadji, serta unsur Forkopim Tabalong.
“Hari ini memonitor semua wilayah yang di lewati oleh siapa saja dari luar Kalsel, titik yang kita perhatikan seperti bandara, pelabuhan dan perbatasan-perbatasan antar provinsi seperti yang ada di Tabalong dengan Kalteng maupun Kaltim,” ucapnya Paman Birin.
Menurutnya, dengan adanya posko screening di perbatasan provinsi dapat meminimalisir masuknya wabah virus Covid-19. Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah setempat dan jajarannya yang sudah maksimal untuk mengantisipasi masuknya wabah virus Corona di Kalsel.
“Dengan adanya posko ini paling tidak kita bisa memonitor, mendata dan mengetahui siapa yang berpotensi terdampak atau yang tidak terdampak,” tuturnya.
Baca juga : Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kalsel Sudah 5 Pasien
Lebih lanjut, Paman Birin berpesan kepada petugas yang berjaga di posko screening perbatasan agar menjaga safety dan kesehatannya.
“Dan juga berusaha semaksimal mungkin serta laksanakan sebaik – baiknya apapun petunjuk dari pemerintah daerah maupun Bupati,” tandasnya.
Sementara, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengatakan berdasarkan laporan tim gugus tugas provinsi angka orang dalam pemantaun (ODP) di Tabalong cukup besar.
“ODP yang tinggi ini karena semua jajaran benar – benar bekerja, seperti gugus tugas, satgas desa, kecamatan, bekerja dengan baik termasuk posko screening perbatasan,” ungkapnya.
Selain itu, kepada para jurnalis dirinya meminta agar pemberitaan dari media dapat membantu kesadaran masyarakat akan bahayanya wabah virus Corona.
“Karena dibantu dengan pemberitaan yang gencar maka tumbuh kesadaran yang tinggi masyarakat Tabalong untuk melaporkan diri ke fasilitas kesehatan,” ucapnya.(arif)
Editor : Amran