Sambut Harhubnas 2019 ‘Perang Sampah’ di Laut dan Pantai Tanbu

Tampak 750 peserta terlibat dalam aksi bersih-bersih laut dan pantai dalam rangka menyambut Harhubnas 2019). (foto : duki/klikkalsel)

BATULICIN, klikkalsel – Menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru – Batulicin menggelar aksi perang sampah atau bersih-bersih laut dan pantai Pagatan, Kamis (12/9/2019).

Tidak tanggung-tanggung, aksi serentak tersebut melibatkan masa hingga 750 peserta. Terdiri dari anggota TNI AD, dan AL, Polri, Dinas Perhubungan, ASDP Batulicin, Pelindo Batulicin – Kotabaru, Pelni Batulicin – Kotabaru, serta Perwakilan Pemkab Tanbu.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Tanbu, diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Andi Aminudin, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T, Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru – Batulicin, Capt. M. Hermawan, S.Sit, M.M, M.Mar, serta General meneger PT Pelindo III cabang pelabuhan Batulicin, Hermani Gunawan.

Foto bersama sebelum dimulai bersih-bersih laut dan pesisir pantai Pagatan, Tanah Bumbu. (foto : duki/klikkalsel)

Dalam amanatnya, Mentri Perhubungan yang dibacakan oleh kepala KSOP Kelas III Kotabaru – Batulicin, Capt. M. Hermawan, S.Sit, M.M, M.Mar, mengatakan, kegiatan bersih laut dan pantai serentak di lingkungan direktorat perhubungan laut, dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019.

Disamping pula berbagai kegiatan lain yang dilakukan Direktorat Jendral Perhubungan Laut guna menyemarakkan Harhubnas.

Memurutnya, gerakan bersih laut dan pantai dilatarbelakangi dengan fakta bahwa Bangsa Indonesia penyumbang sampah Plastik ke lautan tersebar ke dua di dunia.

“Nah, melalui kegiatan ini kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membersihkan laut di sekitar kita dari sampah agar mengurai dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan,” pungkas Hermawan. (duki/adv).

Editor : Farid