RSUD Balangan Terima Bantuan Ventilator dan APD PT Adaro

Bupati Balangan H Ansharuddin saat menerima bantuan ventilator dan APD dari PT Adaro Indonesia. (fitri)
Bupati Balangan H Ansharuddin saat menerima bantuan ventilator dan APD dari PT Adaro Indonesia. (fitri)
PARINGIN, klikkalsel.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan menerima bantuan berupa ventilator atau mesin untuk membantu pernapasan pasien Covid-19 dan APD dari Adaro Indonesia, Selasa (30/6/2020)
Penyerahan Bantuan tersebut terlebih dahulu diserahkan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan (TGTP) Covid-19 Kabupaten Balangan yang kemudian diserahkan kepada Pihak RSUD Balangan.
Bantuan tersebut diterima langsung Bupati Balangan H Ansharuddin sekaligus ketua TGTP Covid-19 Balangan.

Bantuan yang diserahkan berupa 1 unit ventilator mindray type synovent E5, 33.200 masker disposable, 200 masker N95, 80 goggles, 40 face shield, serta 2.000 hazmat.

Leni Marlina, CSR Department Head PT Adaro Indonesia, ventilator dan seperangkat APD ini adalah bantuan ketiga yang diserahkan Adaro kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balangan. Sebelumnya, PT Adaro telah menyerahkan APD dan 1 unit mobil ambulans.

Ia menyatakan, Adaro berkomitmen untuk bahu-membahu bersama pemerintah daerah dalam menekan angka penularan Covid-19. Melalui bantuan ini, Leni berharap dapat meringankan beban petugas medis yang berada di garis depan dalam melawan virus ini.

Dia juga mengatakan, setelah pandemi ini berakhir, ventilator yang diberikan bisa digunakan oleh RSUD Balangan untuk menangani pasien yang memerlukan bantuan pernapasan.

“Pandemi ini memang mengkhawatirkan, tapi kita harus optimis bahwa kita bisa melewati ini bersama-sama,” ujarnya.

Ucapkan terima kasih, disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin kepada PT Adaro Indonesia yang selama ini terus membantu Balangan dalam berbagai program pembangunan.
“Dan saat penanganan covid 19 ini tetap  PT Adaro juga turun tangan membantu kita ( Pemkab Balangan) dalam pemutusan mata rantai wabah Covid 19 di Kabupaten Balangan,” ucapnya.
Terpisah Direktur RSUD dr ferry menyampaikan alat kesehatan, bantuan  ventilator mekanik diakuinya sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19.
“Alat ventilator ini akan digunakan di ruang isolasi untuk menangani pasien terinfeksi corona dengan kriteria gawat,” katanya.
Bagi pasien positif yang mengalami gagal napas, katanya, dilakukan terapi “airway” serta memberikan alat bantu napas mekanik. (fitri)
Editor : Akhmad