Banjarmasin

Raih Anugerah Kebudayaan, Banjarmasin Deklarasikan Budaya ke Seluruh Indonesia

BANJARMASIN, klikkalsel.com– PWI memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan yang akan diterima oleh sebanyak sepuluh Walikota dan Bupati di Indonesia.
Sebanyak sepuluh kepala daerah yakni Walikota Tanggerang Selatan, Walikota Banjarmasin, Walikota Ambon, Walikota Baubau, Bupati Tubaba, Bupati Halmahera Barat, Bupati Serdang Bedagai, Bupati Luwu Utara, Bupati Gunung Kidul, Bupati Tabalong, nantinya akan menerima penghargaan kebudayaan dari PWI Pusat.
Penyerahan penghargaan tersebut rencananya akan diserahkan pada saat hari puncak acara Peringati Hari Pers Nasional (HPN) di halaman Pemprov Kalsel, Banjarbaru.
Baca Juga : Sejarah Kelam 23 Mei 1997, Terpampang di Stand Refleksi Kalsel Dalam Karya Jurnalistik
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendi mengatakan, Anugerah Kebudayaan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk mendorong dan merangsang daerah-daerah untuk melakukan pendataan, penataan serta merevitalisasi berbagai macam, situs yang mencerminkan keluhuran budaya disetiap daerah.
“Jadi saya kira itu sangat klop dan menyambung dengan program pemerintah, prioritas nasional bidang kebudayaan dengan menyediakan anggaran abadi kebudayaan yang setiap tahun akan ditambah,” ujarnya.
Ia juga mengatakan manfaat dari dana abadi kebudayaan yang telah di setujui oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo, ini adalah untuk membantu para budayawan berkarya.
“Anggaran ini kita berikan untuk membantu para budayawan, tapi selain itu ada juga dana alokasi khusus, meskipun tidak terlalu banyak,” ucapnya.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, yang merupakan salah satu penerima anugerah kebudayaan dari PWI pusat, mengungkapkan bahwa, adanya deklarasi kebudayaan ini, merupakan bentuk apresiasi untuk warga kota Banjarmasin.
Baca Juga : Zainudin Amali Apresiasi Semangat Gubernur Kalsel Dibidang Olahraga
Karena menurutnya seluruh warga kota sangat peduli dengan sungai-sungai yang ada di kota Banjarmasin.
“Terima kasih untuk warga kota Banjarmasin yang telah peduli dengan sungai-sungai kita, mengangkat budaya sungai kita sebagai destinasi wisata, kemudian menjadikan sungai sebagai peradaban kota,” turur Ibnu Sina.
Atas kerja kepedulian wargalah menurutnya anugerah kebudayaan ini didapatkan oleh Kota Banjarmasin, yang harus selalu dijaga dan dirawat sebagai salah satu kebanggan bagi Indonesia.
“Dari Kota Banjarmasin kita merasa terhormat, karena dengan adanya deklarasi Banjarmasin, untuk kemajuan kebudayaan khususnya kebudayaan sungai kita. Dari Banjarmasin kita ingin mendeklarasikan ke seluruh Indonesia, sebagai budaya pembangunan,” pungkasnya.(fachrul)
Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Masyarakat Harus Tinggalkan Pola Hidup Kurang Sehat - Klikkalsel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top