Banjarmasin

Sejarah Kelam 23 Mei 1997, Terpampang di Stand Refleksi Kalsel Dalam Karya Jurnalistik

BANJARMASIN, klikkalsel.com– Pameran Pers dan UMKM warnai semarak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (7/2/2020).
Stand pameran foto Refleksi Kalsel menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Hasil karya jurnalistik insan pers, menjadi perhatian pengunjung, salah satunya foto kerusuhan ‘Jumat Kelabu’ 23 Mei 1997.
Baca Juga : Zainudin Amali Apresiasi Semangat Gubernur Kalsel Dibidang Olahraga
Ketua Pewarta Foto Kalsel Arifin Noor mengatakan, ada 200 foto yang ditampilkan di stand Refleksi Kalsel di Nol Kilometer, Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin. Arifin memaparkan, stand pameran menyuguhkan beberapa kategori foto.
“Fofo-foto di sini ada foto kejadian, seni budaya, dan momen-momen peristiwa di Kalsel dari tahun 90an hingga sekarang,” ujarnya.
Tujuan digelar pameran ini ditambahkannya sekaligus mengenalkan karya foto jurnalistik kepada masyarakat. Terlebih di era digital sekarang, aktivitas mengabadikan momen.
“Kita menampilkan foto jurnalistik agar masyarakat bisa mencontoh bukan sembarang jepret, sayang kalau hasilnya kurang bagus bila ada momen baik. Di sini ada banyak foto human interest,” kata Arifin.
Baca Juga : Peran Media Massa di Tengah Pesta Demokrasi
Sementara itu, tak kalah menariknya di stand Refleksi Kalsel juga menampilkan empat foto jurnalistik peristiwa kerusuhan “Jumat Kelabu” 1997 di Banjarmasin. Arifin mengatakan, foto-foto tersebut menceritakan sejarah kelam Kalsel.
“Empat foto ini ada karya wartawan fotografer senior yaitu Wildan Tarmuji dari Kalimantan Post. Ini adalah karya jurnalistik catatan kelam Kalsel,” pungkasnya.(rizqon)
Editor : Amran

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Raih Anugerah Kebudayaan, Banjarmasin Deklarasikan Budaya ke Seluruh Indonesia - Klikkalsel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top