Pendidikan

PTM Hari Pertama, Siswa Masih Sering Abaikan Prokes

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai dilaksanakan aejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Banjarmasin Senin (22/3/2021) hari ini.

Akan tetapi dari pantauan di lapangan, penerapan Prokes yang dilakukan oleh para siswa tersebut rupanya masih belum terealisasi secara maksimal.

Pasalnya ketika terlepas pengawasan oleh para guru, masih banyak siswa yang bergerombol alias tidak menjaga jarak, dan mengenakan masker tidak pada tempatnya.

Hal tersebut diakui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, SMPN 1 Banjarmasin, Rahmani. Bahkan, ia perlu berulang kali mengingatkan siswanya, agar selalu patuh pada prokes.

“Beberapa siswa kami juga masih suka meletakkan masker ke dagu. Ketika diperingatkan, baru dipasang dengan benar,” ucapnya.

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Sahnan, meminta kepada para guru harus untuk ekstra mengawasi para murid.

Baca Juga : PTM Mulai Dilaksanakan, Randhi Sangat Senang Kembali Bersekolah

Bahkan menurutnya, harus ada intervensi secara edukasi oleh guru di sekolah setiap saat guna memberi rasa tanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan prokes di sekolah.

“Baik ketika siswa mulai turun dari rumah ke sekolah, atau sebaliknya. Harus ada pengawasan dari orang tua yang bekerja sama dengan para guru,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh siswa, sepulangnya dari sekolag agar tidak mampir kemana-mana dan langsung pulang ke rumah masing-masing.

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19 dari luar zona sekolah, hingga nanti sampai dirumah.

“Pada intinya kami minta para siswa dan guru untuk menjaga kondisi dan kesehatan,” pungkasnya. (fachrul).

Editor : Akhmad

To Top