Batola

Program Bedah Rumah Karya Bakti TNI, Bertujuan Membantu Kesulitan Masyarakat

MARABAHAN, klikkalsel.com – Program bedah rumah tidak layak huni warga kurang mampu dilaksanakan Kodim 1005/Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola) dalam rangka mempererat hubungan TNI dan masyarakat.

Komandan Kodim 1005/Marabahan, Letkol ARM Ari Priyudono, S.Sos., M.Tr.(Han) menyampaikan, program Karya Bakti TNI bedah rumah
bertujuan membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga akan terwujud kemanunggalan TNI Rakyat dan sinergitas dengan pemerintah daerah.

“Salah satunya Karya Bakti yang kita laksanakan setiap semester. Untuk semester II ini yaitu Karya Bakti Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bertempat di Sei Kambat RT.02 Kecamatan Cerbon, yakni rumah seorang petani atas nama Ami (60th),” tutur ARM Ari Priyudono.

Menurutnya, Ami penerima program bedah rumah sangat senang dengan kegiatan Karya Bakti TNI yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang kurang mampu.

Program bedah rumah karya Bakti rumah tidak layak huni, merupakan kepedulian TNI terhadap warga kurang mampu di wilayah teritorial Kodim 1005/Marabahan Kabupaten Batola.

Melalui sinergi pemerintah kabupaten, Kodim 1005/Marabahan melalui Komando Rayon Militer dan Koramil dapat berbagi dengan masyarakat berupa bedah rumah secara gotong royong.

“Kami dalam satu komando kewilayahan. Wilayah desa/kelurahan merupakan tanggung jawab dari Koramil dan diharapkan program bedah rumah ini bisa berlanjut,” ujarnya.

“Kami lakukan survei serta berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kelurahan untuk tentukan rumah tidak layak huni yang akan dibedah,” tambah Dandim.

Sampai saat ini menurut Dandim, sudah sekitar 13 unit rumah tidak layak huni yang telah dibedah dan masih banyak warga belum memiliki tempat tinggal layak, Untuk yang ditangani Kodim ada 2 unit rumah dan Koramil masing-masing 1 buah jadi jumlahnya 13 buah, dari 11 Koramil yang tersebar di 17 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Batola.

Dandim mengharapkan setelah dilakukan rehab para pemilik rumah agar merawat bangunannya dan dapat digunakan dengan baik, sehingga dapat membawa berkah bagi keluarga yang menempati.(muhammad)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top