Banjarbaru

Polres Banjarbaru Gelar Ops Lilin Intan 2019 Sambut Natal dan Tahun Baru

BANJARBARU, klikkalsel – Menjelang Natal 25 Desember 2019 dan tahun baru 2020, Polres Banjarbaru melaksanakan Upacara dalam rangka Operasi (Ops) Lilin Intan 2019.
Upacara dilaksanakan di lapangan hijau Polres Banjarbaru, Kamis (19/12/2019).
Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Danlanud Syamsudin Noor beserta jajarannya masing-masing.
Baca Juga : Langgar PPRA Wartawan Diancam Sanksi Berat
Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso mengatakan, kegiatan ini adalah dalam rangka melaksanakan gelar bersama Ops Lilin Intan 2019 bersama Forkopimda baik dari pemerintah daerah, Kodim, Satpol PP, maupun anak sekolah yang tergabung dalam Pramuka.
“Ini untuk melaksanakan gelar pasukan tersebut, kemudian setelah upacara bersama ini maka mereka langsung menuju pos masing-masing untuk melaksanakan pengamanan. Terutama difokuskan terhadap kegiatan keagamaan Natal,” ujarnya.
Adapun tugasnya, masing-masing melaksanakan pengamanan di kegiatan yang berpusat pada kegiatan peribadatan Natal. Mengantisipasi dan mengamankan umat agama Nasrani khususnya untuk melaksanakan ibadah terutama di gereja wilayah Banjarbaru.
Baca Juga : Sukseskan HPN 2020, Dewan Pers ‘Kulonuwun’ ke Paman Birin
AKBP Doni Hadi Santoso mengimbau, kepada masyarakat Banjarbaru agar pada saat malam Natal dan tahun baru selalu menjaga keamanan, ketertiban dan solidaritas bersama, baik yang melaksanakannya maupun tidak.
“Kemudian, untuk rekan-rekan yang akan melaksanakan liburan dan meninggalkan rumah, tolong sebelum pergi antisipasi hal-hal yang dapat merugikan dirinya. Diharapkan kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Banjarbaru, karena tanpa ada itu tentu akan ada kekurangan untuk menjaga keamanan,” imbuhnya.
Pelaksanaan Ops Lilin Intan 2019, melibatkan 191.807 personil pengamanan gabungan. Terdiri dari 121.258 personil Polri, 17.190 personil TNI, serta 55.259 dari instansi pemerintah meliputi Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Pos Operasi Lilin Intan 2019 terdiri dari 83 personil Polri, 18 personil TNI, 4 personil Dishub, 4 orang dari Dinkes, dan sisanya dari Pramuka, Senkom, BMKG, Basarnas, KKP, Satpol PP, dan Bandara Syamsudin Noor.

Ditambah, pengamanan giat masyarakat, Polres Banjarbaru menurunkan 147 personil untuk Pak Gereja malam dan hari Natal, 151 personil malam tahun baru, 12 personil untuk ditempatkan di tempat-tempat wisata.

“Total ada 393 personil dari kami, dan 40 orang lainnya petugas gabungan,” tutupnya. (nuha)

Editor : Akhmad
To Top