Banjarmasin

Petugas Amankan 2 Juru Parkir Liar di Ritel Modern, Salah Satunya Tunarungu

v

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Satlantas dan Satreskrim Polresta Banjarmasin, melakukan penertiban juru parkir liar di sejumlah wilayah Kota Banjarmasin, Selasa malam (15/9/2020).

Juru parkir liar yang ditarget petugas kali ini, menertiban juru parkir liar yang memungut biaya di sejumlah minimarket dan ritel moder di Banjarmasin.

Kasubbag Tata Usaha UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Alex Sandra menyampaikan, razia juru parkir ini berdasarkan laporan dari manajemen Alfamart dan Indomaret, sehingga malam ini langsung ditindak lanjuti.

Adapun 6 target razia juru parkir liar dimulai dari Indomaret Sungai Bilu, Indomaret Veteran 2, Indomaret Gatot 1, Indomaret A yani Km 4, Alfamart Pangeran Antasari Jalan P Antasari dan diakhiri di kawasan Duta Mall (Masjid Al Falah).

“Dari razia malam ini petugas gabungan mendapat 2 juru parkir liar yang berjaga di Indomaret Gatot, Alfamart Pangeran Antasari dan 4 buah sepeda motor yang parkir liar yang diamankan ke polresta Banjarmasin,” tutur Alex.

Dari hasil penelusuran, salah satu juru parkir yang terjaring malam ini salah satunya bisu.

“Kita amankan dua juru parkir malam ini salah satunya tunarungu,” katanya.

Alex mengakui dalam menindak lanjuti juru parkir yang bisu itu sempat mengalami kesulitan. Namun tetap kedua juru parkir liar tadi dimintai keterangan, dan diberikan penjelasan serta pemahaman mengenai larangan memungut biaya parkir di lokasi tersebut.

“Kebetulan mereka wajah baru, apabila terjaring lagi akan berurusan dengan satreskrim polresta banjarmasin,” tegasnya.

Baca Juga : Dendam Lama Masalah Cari Zakat, Anang Utin Tega Tusuk Kawan Sekampung

Salah satu penjaga minuman di depan Alfamart pangeran antasari Junai membenarkan bahwa juru parkir itu bisu.

“Selain bisu, ia juga jualan bensin eceran,” imbuh Junai.

Hal serupa disampaikan pegawai Alfamart di kawasan Pangeran, M Amin kalau juru parkir itu memang bisu. Ia juga bertugas membersihkan halaman Alfamart Pangeran Antasari.

Adapun juru parkir yang terjaring di Indomaret kawasan Gatot Subroto adalah Agusyanto (53), sudah menjadi juru parkir di apotek samping indomaret yang terjaring razia.

“Saya tidak lari, dan saya tidak meminta, sukarela orang memberi saja,” tuturnya.

Agusyanto mengaku, bahwa ia mengambil profesi ini karena harus membiayai 2 anaknya yang masih sekolah.

“Saya juga sambil menjaga motor dan bersih-bersih di halaman apotek dan Indomaret,” katanya.

Sekadar diketahui, ada 64 Alfamart dan 50 Indomaret di Kota Banjarmasin sudah memiliki izin, berupa kontribusi pajak parkir.

Ritel modern tersebut memberi kontribusi pajak parkir kepada pemerintah Kota Banjarmasin melalui UPTD parkir yang disetorkan ke KAS Daerah setiap bulan. (airlangga)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top