Pesona Pasar Terapung Lok Baintan Tak Pernah Mati

Pesona Pasar Terapung Lok Baintan selalu memberikan moment menarik, meski tiap tahun digelar (foto : azka/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel – Dengan Tema ‘Menggenggam Semangat Tradisi, Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan kembali digelar Pemkab Banjar.
Acara berlangsung di dermaga Lok Baintan atau Bawah Jembatan, Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatana (Kalsel), Minggu (17/11/2019).
Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya selalu mengundang banyak perhatian warga masyarakat serta para turis lokal maupun asing.
Baca Juga : Tim Panjat Kalsel Cengkeram Medali Perdana di Boulder Beregu Kejurnas Pra PON XX
Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan, pentingnya sungai bagi masyarakat Banjar, di mana dijadikan kehidupan warga sekitar.
“Rawat dan peliharalah kelestariannya,” katanya.
Ia juga menyebut, even tahunan ini guna melestarikan budaya peninggalan sejak dulu.
“Pasar Terapung Lok Baintan telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai sebagai Warisan Budaya,” ucapnya.
Dalan Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan tahun ini, diikuti ratusan pedagang tradisional yang mayoritas ibu-ibu yang berasal dari daerah Lok Baintan dan sekitarnya.
Di atas jukung (sampan kecil) para pedagang memadati sungai sambil menawarkan aneka jualan, seperti makanan dan minuman, sayuran, buah-buahan dan cinderamata khas Banjar.
Baca Juga : Baru Masuk Lapas Banjarbaru, Lihan Sudah Banyak Dicari Orang
Para pecinta Fotografi pun turut hadir dalam kegiatan tersebut dalam mengabadikan acara yang sangat luar biasa tersebut.
Salah seorang fotografer Lana mengatakan, moment pasar terapung Lok Baitan memang sangat menawan untuk diambil dalam sebuah foto.
“Tak ada matinya jika memfoto Pesona Pasar Terapung Lok Baintan,” (azka)
Editor : Akhmad