HST

Pertamina Distribusikan BBM ke Desa Terisolir di HST Menggunakan Helikopter

Pertamina Distribusikan BBM ke Desa Terisolir di HST Menggunakan Helikopter

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kondisi banjir di Kalsel yang belum sepenunya surut menjadi kendala pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji ke beberapa kabupaten/kota sedikit terhambat.

Pendistribusian BBM pun sempat menggunakan helikopter BNPB yang dikomandoi Komandan Lanud Syamsudin Noor, Kolonel Pnb M.Taufik Asraj ke Desa Datar Ajab dan Desa Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Namun karena faktor cuaca yang kurang mendukung pendistribusisn BBM juga sempat terhambat dan kembali dilanjutkan setelah cuaca kembali normal.

Hingga akhirnya, pengangkutan BBM ke Desa Datar Ajab berupa Pertamax 600 liter, minyak tanah 600 ltr, dan 1000 liter Pertadex.

Drestanto Nandiwardhana, Sales Branch Manager wilayah Kalsel dan Kalteng menyampaikan, pengangkutan BBM terdiri dari tim Pertamina, BPBD, TNI dan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Pengiriman bantuan BBM Pertamina berhasil dilakukan melalui jalur udara, Alhamdulillah, Pertamina bekerja sama dengan BNPB, BPBD Kalsel dan Danlanud Syamsudin Noor berhasil mengirimkan bantuan ke Desa Datar Ajab yang merupakan daerah yang paling parah terdampak banjir, sejak pertengahan Januari 2021,” katannya.

Menurutnya dengan bantuan BBM ini bisa mempercepat dan membantu upaya pemulihan pasca bencana di Datar Ajab.

“Bantuan ini merupakan wujud komitmen Pertamina Peduli kepada lingkungan sekitar dan Pertamina akan selalu menyalurkan energi kebaikan, Energizing You,” tambah Drestanto.

Sementara, Farid Fakhmansyah, Plt Sekda HST, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pertamina, karena telah memberikan bantuan BBM yang sangat bermanfaat untuk aktivitas warga dan penanganan bencana di Kecamatan Hantaka Desa Datar Ajab.

“Bantuan BBM sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena bantuan yang saat ini datang ke masyarakat lebih banyak bahan makanan, pakaian dan obat-obatan. Sedangkan, bahan bakar belum ada yang menyentuh,” Kata Farid.

Sedangkan, Budi Harianto, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten HST menerangkan, bahwa pembagian bantuan BBM tersebut selain untuk relawan, juga diberikan kepada warga terdampak banjir.

“Misalnya Pertadex akan digunakan sebagai bahan bakar untuk alat berat seperti excavator, buldozer, genset, gergaji mesin. Sedangkan Pertamax sebagai bahan bakar motor trail untuk mobilisasi, minyak tanah untuk bahan bakar untuk memasak yang akan disitribusikan sesuai kebutuhan dan skala prioritas,” pungkas Budi.(azka)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top