Jumat, September 24, 2021

Peringati HKSN 2019 di Kalsel, Panitia Sebar 10.000 Undangan

BANJARBARU, klikkkalsel – Pelaksanaan peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2019 yang akan digelar di Provinsi Kalsel, pada 18 hingga 20 Desember mendatang, telah mencapai perisiapan 80 persen. Saat ini penyelenggara acara telah menyebar 10.000 undangan ke seluruh Provinsi di Indonesia.

“Jumlah 10 ribu itu, 5.000 undangan dari Kementerian Sosial dan 5.000 lagi partisipasi masyarakat,” jelas Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, yang mendampingi Sekdaprov Kalsel, Haris Makkie, memimpin rapat persiapan HKSN 2019 di Aula Haji Maksid, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan puncak peringatan HKSN ini akan diisi berbagai bakti sosial, diantaranya sunatan massal dan operasi katarak. Khusus sunatan massal cukup banyak yang sudah mendaftar, tapi dibatasi 100 orang.

“Begitu pula operasi katarak, kita batasi 100 orang,” kata Siti Nuriyani.

Selain itu, sambung Siti Nuriyani, Menteri Sosial RI, Juliari Peter Batubara, akan melakukan sejumlah peresmian. Termasuk saat kegiatan susur Sungai Martapura dari Pasar Terapung Lok Baintan.

“Salah satunya tempat rehabilitas anak-anak penyalahguna narkoba. Serta rumah layak huni,” terang Siti Nuriyani.

Sementara itu, Sekdaprov Kalsel mengatakan, Abdul Haris Makkie persiapan penyelenggaraan kegiatan nasional ini, sudah mencapai 80 persen. Selanjutnya, hasil persiapan akan di pleno finalisasi di Kementerian Sosial RI selaku panitia pusat kegiatan, 5 Desember mendatang.

Namun sebelum membawa hasil rapat ke Jakarta, jelas Haris Makkie, pihaknya akan memverifikasi langsung ke kabupaten/kota untuk memastikannya.

HKSN 2019 juga digelar Lintas Batas Kesetiakawanan Nasional (LBKS), yang etapenya dimulai dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, Banjarmasin, dan puncaknya di Banjarbaru.

Kendati demikian, Haris Makkie menghimbau masyarakat Kalsel untuk mendukung pelaksanaan, mengingat Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin, mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik.

“Ajang nasional seperti ini pasti dihadiri banyak orang atau delegasi yang jumlahnya mencapai ribuan. Kedatangan para peserta, harus disambut baik layaknya keluarga,” imbuh Haris Makkie.

Puncak kegiatan yang nantinya dipusatkan di Banjarbaru, rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo, sekaligus meresmikan Bandara Internasional Syamsuddin Noor. Soal rencana kehadiran presiden, Haris Makkie mengaku sudah melayangkan surat ke Sekretariat Istana Kepresidenan.

“Harapannya, selain menghadiri puncak HKSN 2019, presiden juga meresmikan Bandara Internasional Syamsuddin Noor,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan