Penjual ‘Kambang Barenteng’ Meraup Rezeki di Hari Raya Idul Adha

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang dilaksanakan Umat Muslim di Kota Bamanjarmasin membawa dampak kepada para pedagang ‘Kambang Barenteng’ (bunga tabur) dadakan.
Sebagian warga Banjarmasin pada umumnya, menjelang dan pada saat Idul Adha dimanfaatkanya untuk ziarah ke makam sanak keluarga atau para ulama.
Mama Anai yang membuka lapak di Jalan Antasan Kecil Timur, menuju kubah KH Ahmad Zuhdiannor (Guru Zuhdi), yang muasalnya berjualan gorengan, kini beralih profesi menjual ‘Kambang Barenteng’ dan poster Guru Zuhdi semenjak kubah dibuka.
“Dulunya bejual gorengan sebelum bejualan kambang, baru sebulan bajual kambang dan poster setelah kubah dibuka,” tuturnya, Sabtu (1/8/2020).
Baca Juga : Trend Angka Kesembuhan Covid-19 di Hulu Sungai Utara Terus Meningkat
Ia bersyukur di hari Raya Idul Adha ini ada peningkatan penjualan dari hari-hari biasanya, mulai dari ‘Kambang Barenteng’ dijual Rp5 ribu sampai Rp10 ribu perkantong sesuai keinginan pembeli. Sedangkan poster berkisaran Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.
Sementara, Rosinah, pedagang ‘Kambang Barenteng’ di Jalan Malkon Temon mengaku saat hari raya ia sudah membuka lapaknya sejak pukul 07.00 Wita, hingga sampai sore.
“Hanya membuka lapak berjualan bunga tabur pada saat Idul Adha dan Idul Fitri saja,” ucapnya.
Menurutnya, berjualan ‘Kambang Barenteng’ di hari raya tidak sebanding dengan sebelum-sebelumnya, sebab ada penurunan dibanding hari raya sebelumnya” tandasnya.(airlangga)
Editor : Amran