Peduli Petani, Hasnur Salurkan 10 Ton Bantuan Benih Unggul

Hasnuryadi Sulaiman saat menggelar silaturrahmi dengan warga. (foto : dok.klikkalsel)

BATU LICIN, klikkalsel – Tokoh muda Banua Kalimantan Selatan, Hasnuryadi Sulaiman menyerahkan bantuan bibit unggul padi kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (12/1/2019).

Penyerahan bantuan total 10 ton bibit padi hasil produksi Institut Pertanian Bogor (IPB) 3S itu, disambut hangat para masing-masing ketua Gapoktan berjumlah tujuh kelompok. Masing-masing Gapoktan terdiri dari puluhan petani di kecamatan tersebut.

Gapoktan se-Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu terima 10 ton bibit padi unggul IPB 3S. (foto : Istimewa)

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Hasnuryadi Sulaiman akrab disapa Hasnur berharap dengan bantuan bibit padi kepada para petani menjelang musim tanam dapat menambah produksi pangan di Banua Kalimantan Selatan.

“Ini adalah program kita berkerjasama dengan Kemenristek Dikti dan Institut Pertanian Bogor. Penyaluran bantuan itu, perdana kita lalukan semoga terus berkelanjutan dan membawa dampak positif untuk pertanian di Kalimantan Selatan,” terang Hasnuryadi Sulaiman.

Sementara untuk diketahui varietas padi IPB 3S diciptakan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Hajrial Aswidinnoor pada 2014 lalu, memiliki beberapa kelebihan.

Selain produkftif, bibit padi ini tak membutuhkan banyak air dan pupuk urea serta ‘tahan banting’ terhadap serangan hama tungro yang bisa menyebabkan tanaman kerdil.

Padi IPB 3S merupakan padi golongan Cere dengan umur tanaman kurang lebih 112 hari dan tinggi tanaman sekitar 118 cm. Jumlah produktif anakan IPB 3S 7-11 batang, bentuk tanaman tegak, bentuk gabah medium dan warna gabah kuning.

Jumlah gabah per malai 223 butir dengan rata-rata hasil 7 ton/ha dan Berat 1000 butir varietas ini kurang lebih 28,2 gram dengan kadar amilosa sekitar 21.6. (rizqon)

Editor : Alfarabi