Banjarmasin

Pasca Amblas, Sejumlah Barang di Ruko Jalan Pramuka Mulai Dipindahkan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pasca amblasnya ruko 3 pintu bertingkat 3 di Jalan Pramuka Banjarmasin, karyawan CV Anugrah Jaya Ban dan Apotek Kimia Farma, terlihat sedang sibuk berkemas, Rabu (19/5/2021).

Dari pantauan di lokasi, mereka secara bergotong-royong mengemas barang, untuk selanjutnya dipindahkan dari tempat asalnya guna menghindari barang-barang mengalami kerusakan, akibat amblasnya ruko tersebut.

Manager Operasional CV Anugrah Jaya Ban, Paulus Feriadi, mengatakan barang-barang tersebut dipindahkan ke gudang yang terletak di A Yani kilometer 18.

“Takutnya bangunan ruko makin parah amblasnya jadi sekarang ini barang-barang dipindahkan ke gudang di kilometer 18,” ujarnya.

Menurutnya, proses perpindahan barang tersebut, memerlukan waktu hingga malam hari. Sebab mereka harus memindahkan ke kilometer 18 dan sekitar 4.000 unit ban dari berbagai ukuran dan jenis.

“Kira-kira 10 kali bolak-balik dari sini ke kilometer 18 dengan jumlah 4.000 unita ban dari berbagai ukuran dan jenis,” tuturnya.

Baca Juga : Bangunan Ruko Berlantai 3 di Pramuka Amblas, Sejumlah Karyawan Berhamburan Menyelamatkan Diri

Baca Juga : Kelanjutan Normalisasi Sungai Tidak Jelas

Disamping itu, Dody Munandar selaku Manager Bisnis Apotek Kimia Farma Banjarmasin juga mengungkapkan hal serupa dimana pihaknya juga memindahkan barang, hanya untuk mengamankan aset karena khawatir kerusakan ruko semakin parah.

“Rencana akan dibawa ke kantor kami yang ada di Jalan Veteran,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan meski ruko mengalami kerusakan pada bagian pondasi, namun syukurnya sejumlah aset tidak mengalami kerusakan.

“Aset-aset kami syukurnya tidak ada yang rusak, karyawan-karyawan juga tidak ada yang luka-luka,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sebuah bangunan rumah toko (ruko) berlantai 3 di Jalan Pramuka Kecamatan Banjarmasin Timur mendadak amblas dan miring.

Hal tersebut diduga akibat salah satu sisi pondasi ruko tak kuat menahan beban ruko tiga pintu tersebut.

Bahkan, terlihat sebagian sisi amblas hingga 50 centimeter dari posisi semula. Beruntung ada satu bangunan disampingnya yang menghalangi ruko tersebut tidak amblas lebih parah dan menyebabkan kemungkinan ambruk.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, kejadian bermula saat karyawan apotik dan toko ban yang menempati ruko tersebut mendengar bunyi seperti benda patah yang cukup kencang.

Mendengar dan mengalami kondisi tersebut, karyawan dua toko tersebut kontan berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri jika terjadi hal yang semakin buruk.(airlangga)

Editor : Amran

To Top