Banjarmasin

Bangunan Ruko Berlantai 3 di Pramuka Amblas, Sejumlah Karyawan Berhamburan Menyelamatkan Diri

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sebuah bangunan rumah toko (ruko) berlantai 3 di Jalan Pramuka Kecamatan Banjarmasin Timur mendadak amblas dan miring.

Hal tersebut diduga akibat salah satu sisi pondasi ruko tak kuat menahan beban ruko tiga pintu tersebut.

Bahkan, terlihat sebagian sisi amblas hingga 50 centimeter dari posisi semula. Beruntung ada satu bangunan disampingnya yang menghalangi ruko tersebut tidak amblas lebih parah dan menyebabkan kemungkinan ambruk.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, kejadian bermula saat karyawan apotik dan toko ban yang menempati ruko tersebut mendengar bunyi seperti benda patah yang cukup kencang.

“Kretek kretek lalu ada bunyi krak yang cukup nyaring. Itu bersamaan dengan bangunan ruko yang mulai miring ke kanan,” Selasa (18/5/2021).

Mendengar dan mengalami kondisi tersebut, karyawan dua toko tersebut kontan berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri jika terjadi hal yang semakin buruk.

Baca Juga : Tak Kapok Dipenjara Kasus Jambret, Adit kembali Mencuri

Sementara itu menurut pemilik ruko, Hendri, bangunan ruko tersebut dibangunnya pada tahun 2014 lalu. Dan selama ini tidak ada tanda-tanda mencurigakan yang mengarah kepada amblas dan miringnya ruko tersebut.

“Baru tadi saja, mendadak sudah begini,” tuturnya.

Berbeda dengan keterangan pemilik ruko, Acil Idang pemilik rumah yang tepat berdampingan dengan ruko tersebut ruko tersebut sudah mulai memperlihatkan gelagat aneh sejak beberapa pekan lalu.

Bahkan suaminya sempat menunjukan rekaman terjadinya retakan pada bagian samping ruko hingga menyebabkan instalasi pipa air di rumahnya pecah.

“Sudah saya laporkan bahwa pipa saya pecah, tapi tidak ada tanggapan,” ujarnya.

Sedangkan untuk kejadian kali ini, ia tidak mengetahui prosesnya. Karena saat itu ia baru pulang dari bandara untuk mengantar adiknya.

“Pas pulang dibilangin tetangga ruko belakang rumah saya miring. Saya takut untuk masuk ke rumah,” tuturnya.

Atas kejadian tersebut ia tidak tahu harus apa, karena sejauh ini memang ada dampak ke rumahnya, namun tidak terlalu parah.

“Belum tahu, lihat kondisi dulu. Kasian juga pemilik rukonya. Tapi kalau kondisinya terus memburuk kemungkinan akan melapor ke polisi,” tukasnya.

Kapolsek Banjarmasin Timur, Kompol Susilo melalui Kanit Reskrim, Iptu H Timur Yono saat ditemui dilapangan mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan terhadap beberapa bangunan lain yang terdampak.

Ia pun sudah mempolice line sekita lokasi agar tidak ada warga yang keluar masuk atau melintas. “Takutnya roboh, kalau ada yang keluar masuk atau melintas tentu bahaya. Untuk itu kita police line dulu hingga ada penanganan dari pemilik ruko,” pungkasnya. (david)

Editor : Akhmad

To Top