Indek Berita

Pantau Sejumlah Gereja, Tiga Pilar Sebut Pengaman dan Prokes Sudah Standar

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tiga Pilar Kota Banjarmasin menyambangi sejumlah pos pengamanan dan gereja jelang Misa Malam Natal 2020, Kamis (24/12/2020) sore.

Dalam kesempatan tersebut dicek secara langsung kesiapan anggota dalam pengamanan malam natal. Selain itu turut dipantau langsung pengamanan di beberapa gereja.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengakui, pengamanan dibeberapa gereja sudah standar.

Ia pun turut mengapresiasi, pelaksanaan protokol kesehatan yang menurutnya sudah sangat baik.

“Pengamanan dan protokolnya sudah standar. Semoga semuanya bisa berjalan lancar dan aman,” ujar Kapolresta.

Ia pun mengungkapkan, pihaknya dibantu unit Gegana telah melakukan sterilisasi kepada 20 gereja yang ada di Banjarmasin. Hal tersebut, untuk menghindari segala bentuk ancaman, salah satunya dari tindakan radikalisme.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina berharap, dukungan dari segala pihak untuk menciptakan situasi yang telah berjalan aman ini.

Ia pun mengatakan, pihaknya bersama TNI-Polri akan melakukan pemantauan terhadap warga yang ingin ke luar masuk Kota Banjarmasin melalui pos yang didirikan di perbatasan kota.

“Kita ingin semua fasilitas publik itu aman. Kita juga mengharapkan perayaan natal dan pergantian tahun berjalan aman dan kondusif,” harapnya.

Sementara itu Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Czi M Pola Ardiansya S saat ditanya mengenai potensi kerawanan mengaku tak membantah hal tersebut.

Ia mengatakan, setiap daerah memiliki potensinya masing-masing. Namun khusus untuk natal di Banjarmasin, pihaknya telah melekatkan petugas gabungan dari berbagai unsur guna melakukan pengamanan di setiap gereja yang sebelumnya telah disterilisasi.

Petugas tersebut nantinya akan bekerjasama dengan keamanan internal gereja untuk membuat perimeter guna memeriksa setiap orang yang ingin ke luar masuk.

“Potensi pasti ada, namun untuk di Banjarmasin kecil. Meski begitu kita telah melakukan segala upaya antisipasi seperti sterilisasi dan membuat perimeter,” pungkasnya.

Turut serta dalam rombongan tersebut Dandenpom VI/2 Banjarmasin, Mayor CPM Diki Darmawan, Kadinkes Banjarmasin dan sejumlah pejabat Forkopimda Banjarmasin lainnya. (david)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top