Paman Birin Sebut Ir PM Noor Layak dapat Gelar Pahlawan Nasional

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama Gusto Firdauzy Noor, cucu Pangeran Muhammad Noor usai menerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, di Istana Negara. (humas)

JAKARTA, klikkalsel – Gelar pahlawan nasional di Kalsel bertambah, sampai sekarang sudah empat pejuang Kalsel yang mendapat gelar itu. Yakni Pangeran Antasari, Brigjen TNI (Purn) H Hasan Basri dan Dr KH Idham Chalid. Kini gelar tersebut juga diterima Ir Pangeran H Muhammad Noor (PM Noor).

Presiden RI Joko Widodo menyerahkan Piagam Gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh, salah satu di antaranya kepada ahli waris almarhum PM Noor, di Kompleks Istana Negara, Kamis (8/11/2018) siang.

Keputusan penganugerahan gelar pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 123/TK/Tahun 2018, yang ditandatangani Jokowi pada 6 November 2018, tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Baca Juga : Ir PM Noor Terima Gelar Pahlawan Nasional

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Gusti Firdauzy Noor, Cucu Pangeran Muhammad Noor usai menerima SK Presiden RI Joko Widodo mengucapkan syukur dan terima kasih atas keputusan pemerintah tersebut.

“Alhamdulillah atas nama keluarga besar PM Noor, masyarakat dan pemerinyah daerah, saya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Presiden beserta kementerian terkait atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional Pangeran H Muhammad Noor (alm). Ini merupakan bukti dari  penghargaan dan perhatian pemerintah terhadap para pejuang dan tokoh bangsa,” ucapnya.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel itu, menuturkan, ditetapkannya Pangeran Muhammad Noor sebagai pahlawan nasional,  maka menambah panjang daftar pahlawan nasional asal Kalsel.

“Dengan penganugerahan Pahlawan Nasional kepada HM PM Noor yang telah diterima cucu  almarhum, maka sudah ada empat putra terbaik Banua yang telah menerima penghargaan dari Presiden RI sebagai pahlawan nasional,” katanya

Menurutnya, upaya bersama segenap komponen masyarakat akhirnya membuahkan hasil dengan dianugerahkannya pahlawan nasional kepada HM Noor.

Paman Birin mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat Banua sangat lama menanti penganugerahan pahlawan nasional untuk PM Noor. Menurut Paman Birin,

Bagi dia, predikat Pahlawan Nasional untuk PM Noor sangat layak dan dirindukan masyarakat. Ini mengingat perjuangan dan jasa beliau untuk negara luar biasa.

Beliau merupakan salah satu tokoh pejuang dalam merebut kemerdekaan. Selain itu di era Presiden Soekarno, PM Noor pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Pernah menjabat Gubernur Kalimantan Pertama. (ril/baha)

Editor : Farid