Ir PM Noor Terima Gelar Pahlawan Nasional

Teks foto : Ir. Pangeran Mohammad Noor (Ir.P.M. Noor)

BANJARMASIN, klikkalsel – Seluruh masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) patut berbangga, sebab satu lagi gelar pahlawan nasional diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada mantan Gubernur Kalimantan Ir H Pangeran Mohamad Noor (PM Noor).

Sebab, penganugerahan pahlawan itu sebagai bukti pengakuan negara terhadap sederet karya dan perjuangan besar mantan Menteri Pekerjaan Umum tersebut.

“Anugerah pahlawan nasional kepada beliau ini emang sudah sepantasnya terjadi,” kata Kepala Dinas Sosial Kalsel Adi Santoso saat dihubungi lewat gawainya, Kamis (8/11/2018).

Menurutnya, sebelum dilimpahkannya gelar pahlawan pada PM Noor, pemerintah melalui Menteri Sosial telah mempertimbangkan persyaratan dan karakteria penganugerahan pahlawan nasional kepada anggota BPUPKI ini.

Dijelaskannya, perjuangan Pemprov Kalsel untuk merekomandasikan PM Noor dianugerahi gelar pahlawan nasional ini telah memakan waktu 6 tahun lamanya.

“Sejak Gubernur Pak Rudy Arifin sampai Paman Birin, kita selalu mengusulkan pada Pemerintah agar Ir. P.M. Noor dianugerahi gelar pahlawan nasional,” ucapnya.

Ia mengatakan, secara simbolis Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mewakili penerimaan anugerah gelar pahlawan pada PM Noor yang berlangsung di Istana Negara, Kamis (8/11/2018) hari ini.

Adi menjelaskan, Provinsi Kalsel telah mencatat ada empat orang yang telah dianugerahi gelar pahlawan, sebelum gelar yang didapat Ir H PM Noor. (baha)

Editor : Farid