Paman Birin Inginkan Kalsel Terang Benderang

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor. (Ist)

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mempunyai keinginan besar bersama segenap komponen untuk mewujudkan Kalsel terang benderang atau bersinar.

Sebagai langkah awal adalah pentingnya perhatian instansi terkait untuk lebih fokus lagi memperhatikan Lampu Penerang Jalan Umum (PJU) di kawasan jalan utama.

“Saat ini kita melihat sendiri, PJU di jalan protokol utama kabupaten/ kota banyak tidak berfungsi, terutama di kawasan Jalan A Yani menuju Hulu Sungai, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru,” ungkap Paman Birin sapaan akrabnya, Jumat (11/7/2019).

Paman Birin yang pada hari itu hador pada acar launching program bersih-bersih Jumat Pagi (Berjumpa) di kawasan Perkantoran Setdaprov Kalsel mengatakan keiinginannya itu merupakan aspirasi rakyat yang
disampaikan pada saat menghadiri kegiatan formal maupun non formal.

“Saya ingin Kalsel terang benderang, terutama di jalan jalan utama protokol. Untuk mewujudkan itu, perlu perhatian nyata para kepala daerah, bupati dan walikota agar lebih fokus lagi memberikan perhatian,” harapnya.

Ia juga berharap instansi pemprov yang bertanggung jawab atas hal itu segera melakukan langkah konkret.

Jika ruas jalan tersebut menjadi tanggung jawab pemprov segera perbaiki. Jika menjadi bagian tanggung jawab bupati/walikota segera dikoordinasikan.

Selain itu ujar Paman Birin langkah untuk memperbaiki PJU yang rusak atau tidak berfungsi perlu dilakukan segera.

Sebab, jika dibiarkan akan berdampak bagi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan. Selain itu, kawasan jalan akan terasa kurang hidup.

Untuk lebih menghidupkan Kalsel Bersinar, Paman Birin menginstruksikan seluruh SKPD di jajarannya terutama di berlokasi jalan protokol kota untuk lebih menerangi kawasan perkantoran.

Gubernur juga memuji karya nyata PT PLN yang telah mengoperasionalkan listrilk di tiga desa Kecamatan Aranio yaitu Desa Rantau Bujur, Rantau Balai dan Desa Apuai.

Semula listrik di desa tersebut hanya mampu beroperasi 12 jam, kini bisa nyala 24 jam, seiring rampungnya pembangunan sarana kelistrikan di desa tersebut.

Di hari yang sama, Paman Birin sebelum menggelar aksi gotong royong membersihkan sampah di seputaran perkantoran di Banjarbaru, juga melatih olahraga bila diri karate yamg ikuti Kepala SKPD dan ASN Pemprov Kalsel.(rizqon)

Editor : Amran