Musrenbang RPJMD, Walikota Sebut Sejumlah Rencana Pembangunan Kota Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banjarmasin tahun 2021-2026, yang berlangsung di Galaxy Hotel Banjarmasin.

Kegiatan itu di buka langsung oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor turut hadir Plh Sekdako Banjarmasin, Sugito Said yang juga menjabat sebagai Kepala Barenlitbangda Kota Banjarmasin, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali serta Kepala SKPD terkait.

Ringakasan dari RPJMD itu ada 158 Kebijakan, 25 Strategi, 10 Sasaran Strategis, 7 Tujuan, 6 Misi.

Misi Kota Banjarmasin 2021-2026 meliputi :
1. Mewujudkan Kota Banjarmasin bertaqwa dalam setiap sendi kehidupan masyarakat, dengan meningkatkan daya saing usaha ekonomi lokal, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi digital serta penguatan industri dan sarana distribusi perdagangan.
2. Meningkatnya aksebilitas dan kualitas pelayanan pendidikan dasar dan kesehatan
3. Menguatkan ketertiban, ketentraman, dan keamanan masyarakat.
4. Meningkatkan kualitas pengelolaan infrastruktur yang terintegrasi dengan penataan ruang dan lingkungan.
5. Meningkatnya daya saing pariwisata daerah berbasis sungai san pelestarian budaya banjar
6. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi informasi.

Kemudian 3 prioritas kebijakan pembangunan Kota Banjarmasin 2021-2026 yaitu. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas Wirausaha baru yang mandiri untuk mengembalikan Banjarmasin sebagai Kota Perdagangan dan Jasa. Kemudian, Revitalisasi sungai, untuk mendukung pariwisata berbasis sungai dan transportasi sungai. Dan Pelayanan publik berbasis SMART CITY.

Baca Juga : Opening Ceremony BSF ke 5, Ibnu Sina Tekankan Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Pengrajin

Baca Juga : Kebakaran Gang Proklamasi, Ustadz Muhammad Mulyadi Kehilangan Tempat Tinggal dan Uang Tabungan

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyampaikan di tahun 2022 nanti, Pemko Banjarmasin akan melanjutkan pembangunan lapangan sepak bola yang telah direncanakan sejak periode pertama dirinya menjabat.
Kemudia, jumlah lapangan sepak bola yang telah dibangun Pemko Banjarmasin dari tahun 2016 hingga 2021 ada tiga buah, yakni di kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Nah, untuk di kawasan Kecamatan Banjarmasin Barat, direncanakan tahun depan akan dilanjutkan pembangunannya,” bebernya.

Lanjutnya, selain lapangan sepak bola, H Ibnu Sina menyatakan dalam RPJMD Kota Banjarmasin telah dimasukkan perencanaan untuk membuat ruang publik berupa taman, minimalnya satu kecamatan nantinya memiliki satu ruang publik.

“Kalau di Banjarmasin Tengah sudah ada Taman Kamboja, di situ juga termasuk bagian Banjarmasin Expo. Jadi saya kira prinsip-prinsip ini hendaknya bisa kita laksanakan,”ujarnya.

kemudian, terkait aspek wirausaha baru, Ia menyampaikan Pemko Banjarmasin telah membuat program melahirkan wirausaha baru berbasis UMKM dan pelaku ekonomi kreatif untuk mengembalikan Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa serta revitalisasi sungai untuk pengembangan pariwisata berbasis sungai dan transportasi sungai.

“Saya harap semua masukan hasil Musrenbang RPJMD ini nantinya bisa disimulasikan untuk dijadikan masukan bagi Pemerintah Kota dalam mengambil semua kebijakan pembangunan,” pungkasnya. (adv/fachrul)

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan