Banjarmasin

Mushola Sinar Masjid Cikal Bakal Masjid Jami Sungai Jingah

Mushola Sinar Masjid.

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Mungkin banyak orang tak mengetahui Mushola Sinar Masjid di tepian Sungai Martapura, kawasan Panglima Batur RT 6, Surgi Mufti adalah cikal bakal Masjid Jami Sungai Jingah.

Mesjid yang berjarak kurang lebih 200 meter dari Masjid Jami ini didirikan 1918. Dulunya masjid tersebut ramai dan dipadati warga.

Seiring perkembangan zaman dan tempatnya tak terlalu besar, sehingga pada 1932, kemudian dipindah ke Jalan Masjid Jami RT 03 RW 01 Nomor 01, Kelurahan Antasan Kecil Timur, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca Juga : Sanksi Bagi Paslon Pelanggar Protokol Kesehatan Masih Belum Ditentukan

Abdul Razak salah satu warga sekitar menceritakan, dulunya mushola tersebut adalah Masjid, pada 1932 kemudian dipindahkan ke lokasi Masjid Jami sekarang. Baru kemudian di 1934 dibangun Masjid Jami tersebut.

“Namun berdasarkan kesepakatan warga, waktu itu tempat Sinar Masjid tetap didirikan tempat ibadah, maka didirikanlah sebuah mushola yang bernama Mushola Sinar Masjid,” katanya kepada klikakalsel.com, (10/9/2020)

Lelaki yang sudah berusia 81 tahun tersebut juga menceritakan keberadaan Masjid pada zaman itu tentunya sangat jarang tidak seperti sekarang. Makanya Sinar Masjid adalah salah satu tempat ibadah yang sering disinggahi warga.

“Letaknnya yang di tepi sungai tentunya banyak masyarakat yang singgah terutama warga yang hendak berdagang arah ke pasar, baik ke pasar Lama, Pasar Baru, melewati jalur tersebut. Sehingga masjid tersebut banyak disinggahi,” katanya.(azka)

Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top