Menikmati Keindahan Danau Seran dengan Snorkling

BANJARMASIN, klikkalsel – Danau seran merupakan danau yang terbentuk dari aktifitas tambang Intan PT Galuh Cempaka. Karena sudah terlalu lama ditinggalkan, akhirnya terbengkalai. Namun, karena sudah lama tidak beroperasi lokasi ini justru diambil oleh alam dan dipoles oleh waktu serta berganti menjadi destinasi wisata yang menakjubkan.

Danau yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Banjarbaru, tepatnya berada di Jalan Guntung Manggis, tidak jauh dari Bandara Syamsudin Noor, serta lokasinya di tengah komplek perumahan. Untuk sampai ke lokasi tersebut satu-satunya alat transportrasi adalah ojek, kebanyakan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua.

Mahasiswa pecinta alam yang melakukan olahraga air seperti snorkling (selam permukaan) dan skin diving (selam dangkal). (foto : baha/klikkalsel)

Destinasi wisata danau seran sendiri tidaklah terlalu besar tapi yang paling menakjubkan adalah warna airnya yang sangat jernih kehijauan. jika ingin melihat ke kedalaman, maka akan nampak sekali rerumputan yang tumbuh di dasar danau.

Dengan warna air dan pemandangan tersebut, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin, melakukan beberapa aktifitas olahraga air, seperti snorkling (selam permukaan) dan skin diving (selam dangkal).

Kegiatan olahraga air itu juga menggunakan beberapa alat yang berupa masker selam, kaki katak, pelampung dan snorkel, “Alat alat itu membuat kita nyaman dan aman saat melakukan kegiatan snorkling,” jelas Ganang Prasetyo kepada klikkalsel, Senin (6/11/2017).

Keindahan bawah air yang ditunjukan danau seran membuat organisasi mahasiswa yang terbentuk pada tahun 1992 itu sudah melakukan kegiatan olahraga tersebut selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu.

Bahkan, olahraga air tersebut akan dilakukan organisasi yang bergerak dibidang lingkungan itu sebagai rutinitas bulanan, dengan begitu potensi wisata danau seran bisa terus digali untuk melihat keindahan alam bawah airnya.

Selain itu, ada beberapa fasilitas yang disediakan di wisata ini seperti sepeda bebek yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling danau dan juga ada dermaga khusus yang bisa kamu gunakan untuk keperluan mandi atau sekedar ke kamar kecil.(baha)

 

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.