Marak Balap Liar di Banjarmasin, Ketua DPRD Kalsel Dukung Sikap Polresta Banjarmasin. Begini Katanya!

Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK. (foto: wahyu/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalel.com – Masyarakat dan pengguna jalan di Banjarmasin belakangan ini, kembali resah dengan kegiatan balap liar yang kerap terjadi setiap malam di akhir pekan. Para pelaku yang sebagian besar masih remaja tersebut memanfaatkan beberapa ruas jalan protokol di Banjarmasin untuk arena memacu motor mereka yang tidak standar dengan kecepatan tinggi.
Selain bunyi bising dari suara knalpot brong para pembalap liar sangat mengganggu warga, aksi tersebut tak jarang berbuntut tawuran atau perkelahian dikalangan mereka sendiri maupun warga sekitar.
Bahkan Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan secara khusus telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi dan memasang spanduk serta baliho imbauan untuk tidak melakukan balap liar di titik-titik yang dianggap rawan.
Baca Juga : Geger Penemuan Benda Dikira Bom, Polda Kalsel Terus Lakukan Pendalaman
Ia pun juga meminta jajarannya untuk memberikan sanksi dan tindakan tegas kepada pelaku balap liar yang masih tidak menggubris imbauan tersebut.
Sementara itu Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK saat dimintai komentarnya mengatakan mendukung sikap tegas dari aparat kepolisian dalam menindak tegas para pembalap liar tersebut.
“Terkadang mereka melakukan aksi balapannya di tengah malam, selain mengganggu ketenangan masyarakat saat beristirahat, juga bisa mengganggu keselamatan pengguna jalan umum lainnya,” ujarnya, Selasa (30/6/2020).
Apalagi ia kerap dengan jelas mendengar raungan dari motor-motor pembalap liar tersebut karena rumah dinas Ketua DPRD Kalsel berada di Jalan A Yani yang menjadi salah satu titik lokasi balap liar.
Ia pun mengapresiasi pemberian saksi tilang dalam waktu lama yang diterapkan oleh Polsek Banjarmasin Timur kepada para pelaku yang berulang kali kedapatan melakukan balap liar sehingga menimbulkan efek jera.
Untuk menghindari terus terjadinya aksi kucing-kucingan antara pembalap jalanan dan kepolisian, tokoh muda Kalsel itu pun meminta agar pemerintah daerah hadir dalam masalah ini.
Ia menyarankan agar Pemko Banjarmasin menyiapkan lokasi khusus untuk pembalap jalanan menyalurkan hobinya.
“Seperti dulu pernah ada Lapangan Murjani di Banjarbaru. Yang hobi balap setiap akhir pekan boleh balapan disana, namun harus mengikuti syarat tertentu, misalnya harus mengenakan alat pengaman diri yang standar,” tuturnya.
Malah kata politisi Partai Golkar tersebut siapa tahu dengan disalurkan dan difasilitasinya para pembalap jalanan tersebut, selain membuat jalanan bebas dari aksi balap liar juga dapat menjaring bibit-bibit muda untuk mewakili Banjarmasin dalam kejuaraan balap nasional.
Disituasi Covid-19 ini H Supian HK juga mengharapkan agar para remaja lebih baik berada di rumah dan tidak melakukan hal-hal tidak penting. Karena dengan balapan liar yang juga sering dilakukan para remaja di Jalan A Yani kilometer lima sampai kilometer 10 sangat mengganggu pengguna jalan.
“Saya mengharapkan kepada kepolisian untuk menindak para remaja yang tidak mengindahkan teguran. Begitu juga dengan para orangtua remaja agar bisa memberikan pendidikan yang baik, sehingga anaknya tidak terlibat paga kegiatan kenakalan remaja yang dapat merugikan banyak orang,” tandasnya. (david)
Editor : Akhmad