Berita Utama

Mantan Jurnalis dan Komisioner KPU Bikin Lagu Banjar Bertema Pilkada

Khairiadi Asa

MARABAHAN, klikkalsel.com – Masa Pandemi Covid-19 membuat mantan Jurnalis salah satu media cetak di Kalimantan Selatan, Khairiadi Asa kembali sibuk dengan kegiatan menulis.

Karya tulisannya itu bukan soal produk jurnalistik, melainkan sebuah lagu berbahasa Banjar yang berisi nasihat. Saat ini sudah ada 30 lagu yang ia buat, salah satunya bertema Pilkada Banua.

Video : Mantan Jurnalis dan Komisioner KPU Bikin Lagu Banjar Bertema Pilkada

Kesibukan barunya itu berawal dari masa Pandemi Covid-19 yang kebanyakan menghabiskan waktu di rumah. Khairiadi Asa mengatakan, tepatnya sejak bulan Mei lalu ia membuat lagu bahasa Banjar di antaranya Maunjun di Pahumaan, Wadai 41, dan Galuh Batanggui.

“Main gitar memang hobi sejak SMP, rasanya sudah 20 tahu tidak benar-benar memainkan gitar karena kesibukan sebagai jurnalis dan Komisioner di KPU Kabupaten Barito Kuala periide 2013-2018,” ujarnya saat dijumpai Klikkalsel.com di kediamannya, di Komplek Karya Bakti, Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, akhir pekan lalu (12/9/2020).

Dengan modal gitar akustik dan sepucuk pena, Khairiadi Asa memadukan melodi dan sajak dalam menciptakan lagu berbahasa Banjar yang khas dengan rima ala pantun Melayu. Ia mengatakan bekal pengalaman karya jurnalistik membawa berkah tersendiri dipadu dengan kearifan lokal.

“Lagu pertama yang saya buat yaitu ‘Maunjun di Pahumaan’, di siru ada nilai – nilai pelajaran nya bagaimana kita Maunjun (memancing) di Pahumaan (sawah) bisa bertemu dengan para petani di sana. Jadi dengan kita meunjun itu bukan hanya mencari ikan tetapi kita melihat betapa jerih payahnya petani itu untuk melahirkan sebutir beras yang kita konsumsi setiap hari,” jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Minta KPU Kalsel Cermat Pendataan Pemilih Soal Data Ganda

Lanjut, ujar Khairiadi, makna lainnya dari lagu ‘Maunjun di Pahumaan’ juga meangkat nilai silaturahmi dari kearifan lokal Banjar. Di sana, antar pemancing dan petani saling bertemu temu sapa.

“Raminya Maunjun di Pahumaan, Iwaknya Katuangapan. Raminya Malihay Urang Batanam, Raminya Batamu Kakawanan” sepenggal lantunan bait saat Khairiadi Asa menyanyikan lagu ‘Maunjun di Pahumaan’.

Selain itu, Khairiadi Asa yang juga mantan penyelenggara pemilu terpanggil membuat lagu bertema Pilkada Serentak 2020. Lagu itu berbahasa Banjar yang ia beri judul Pillkada di Banua. Ini dikatakannya, sebagai bentuk dukungan kepada kawan-kawan penyelenggaraan baik itu KPU dan Bawaslu.

“Ayo Kita Sukseskan Pilkada di Banua, Jangan Sampai Kada Ingat di Sambilan Desember. Pilih Calon yang Baik Sasuai Hati Nurani, Bisa Mambawa Banua yang Lebih Baik. Pakai Lah Hak Pilih Pian Manjadi Warga Nang Baik, Calon Nang Dipilih Kaina Mudahan Ada Baiknya,”_ sepenggal lirik lagu ‘Pilkada di Banua’ dinyanyikan Khairiadi Asa.

Ia berharap Pillkada di Banua (Kalimantan Selatan) di masa New Normal Pandemi Covid-19, dapat berlangsung aman, lancar dan sukses.

“Warga Banua juga pada umumnya, walaupun di masa pandemi ini tetap cuci tangan dan pakai masker, jaga jarak datang TPS,” pungkasya.(rizqon)

Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top