Lima Hektare Lahan PT Adaro Terbakar, Dandim 1008/Tanjung dan Kapolres Tabalong Turut Berjibaku Padamkan Api

Komandan Kodim 1008/Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto, bersama Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, turun langsung ke lokasi meninjau dan membantu petugas gabungan Satgas Karhutla. (foto : istimewa)

TANJUNG, klikkalsel – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus terjadi di Kabupaten Tabalong. Kali ini api membakar sebagian lahan milik Perusahaan PT Adaro Indonesia seluas kurang lebih lima hektar pada Selasa (13/8/2019), sekitar pukul 14.15 Wita.

Kebakaran yang terjadi di Desa Kasiau, RT 06, Kecamatan Murung Pudak itu juga membuat Komandan Kodim 1008/Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto, bersama Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, turun langsung ke lokasi meninjau dan membantu petugas gabungan Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten Tabalong, UPBS serta Masyarakat berjibaku untuk memadamkan api.

“Segala upaya kita maksimalkan dengan berusaha mencegah kebakaran agar tidak meluas,” ucap Dandim usai memadamkan api.

Setidaknya, sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tabalong dan Gabungan Pemadam Kebakaran dari UPBS sektor tengah, Unit Pemadam Kebakaran PT Adaro, Babinsa dan anggota Polsek dikerahkan untuk memadamkan api.

Menurut Dandim, kemarau yang terjadi saat ini memicu kebakaran makin meluas lantaran lahan yang kering ditiup angin sehingga semakin memperparah kobaran api.

Meski demikian, dirinya mengatakan akan terus melakukaan koordinasi dengan intansi terkait dan sudah memberikan bantuan semaksimal mungkin dan walaupun masih terjadi kebakaran dirinya mengaku tetap optimis bisa mengatasi agar kebakaran tidak semakin meluas.

“Kedepannya mari kita tingkatkan sinergi dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara tidak membakar hutan dan lahan yang dapat menimbulkan bencana bagi daerah,” pungkas Dandim.(arif)

Editor : Farid