Lewat Rumah RJ, Bupati Tabalong Harapkan Tumbuhkan Kesadaran Hukum Masyarakat

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel, Dr Mukti dan Forkopimda Tabalong

TANJUNG, klikkalsel.com – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani harapkan kehadiran rumah Restorative Justice (RJ) Saraba Kawa menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat Bumi Saraba Kawa.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan ketika peresmian rumah RJ Saraba Kawa yang secara simbolis bertempat di Kantor Kecamatan Murung Pudak, Kamis (3/10/2022).

“Keberadaan rumah RJ paling tidak merupakan bagian ikhtiar kita bersama untuk menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat,” ujarnya.

Diketahui, rumah RJ merupakan wadah menyelesaikan masalah sengketa di masyarakat, khususnya tindak pidana yang melibatkan beberapa pihak.

Baca Juga : Kebakaran di Tabalong, Kobaran Api Hanguskan Rumah dan Bengkel

Baca Juga : Kekerasan Perempuan dan Anak di Tabalong Meningkat

Dalam hal ini, Bupati berharap rumah RJ di Tabalong dapat bertambah terus menerus, karena Bumi Saraba Kawa terletak di ujung Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun sejalan kebijakan Pemerintah Pusat yang memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur membuat Kabupaten Tabalong berada di depan.

“Karenanya upaya kita menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat saya fikir menjadi prioritas kita ke depan,” ujarnya.

Dia juga menginginkan, adanya rumah RJ dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang menurutnya menjadi solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan hukum.

“Saya juga mengharapkan keberadaan rumah RJ betul-betul dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, karenanya tempat ini juga bisa manfaatkan untuk kegiatan penyuluhan hukum dan sebagainya,” pungkasnya. (dilah/adv)

Editor : Akhmad