Kuras Reservoar, PDAM Akan Hentikan Pasokan Air Sementara ke Banjarmasin Selatan dan Barat

Ilustrasi penghentian pasokan air PDAM Bandarmasih. (net)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – PDAM Bandarmasih kembali akan menghentikan sementara pasokan air kepada pelanggan disejumlah kawasan di Banjarmasin Selatan dan Barat pada Kamis (9/1/2020).
Melalui Humasnya, PDAM Bandarmasih penghentian sementara pasokan air pelanggan tersebut terkait dengan rencana pengurasan Reservoar (bak penampungan) Booster Gerilya.
“Rencana proses pengurusan akan berlangsung kurang lebih 8 jam yaitu pada pukul 09.00 hingga pukul 16.00 Wita. Setelahnya air akan kembali kita alirkan ke pelanggan,” ujar Humas PDAM Bandarmasih, Nur Wakhid, Rabu (8/1/2020).
Baca Juga : Tiga Jabatan di Pemprov Kalsel Masih Kosong
Pengurasan tersebut menurut Wakhid penting dilakukan karena terkait dengan kualitas air yang nantinya akan dialirkan kepada pelanggan.
Diterangkannya bahwa reservoar yang berfungsi sebagai penampungan air harus dibersihkan dari endapan-endapan yang ditimbulkan pasca terjadinya penurunan tekanan akibat kemarau.
Selain itu, menurut acuan tekhnis, pengurasan memang harus dilakukan pada reservoar yang telah digunakan sekian tahun lamanya.
“Sekarang tekanan air sudah normal. Kalau tidak dikuras dikhawatirkan endapan tersebut bergejolak saat mendapat tekanan tinggi dan ikut larut ke air yang dialirkan kepada pelanggan,” terangnya.
Baca Juga : Petahana Walikota Banjarmasin, Belum Tentukan Cuti saat Pilwali
Untuk itu ia meminta maaf dan mengimbau kepada pelanggan untuk menyiapkan penampungan untuk menyimpan air sebelum pasokan dihentikan pada pukul 09.00 Wita esok hari.
“Semoga semua berjalan lancar dan air sudah dapat kita alirkan kembali secepatnya kepada pelanggan,” pungkasnya.(david)
Editor : Amran
Wilayah Terdampak :
1. Wilayah Banjarmasin Selatan Antara Lain :
– Jln. Tembus mantuil
– Komplek Bumi Lingkar Basirih
– Komplek Wengga
– Gunung meranti
– Kuin kacil
– Pulau Bromo
– Komp. Bunyamin
Residence
– Komplek Djoko
– Beruntung Jaya
2. Wilayah Banjarmasin Barat
– Kubah basirih
– Kompl. Lumba2
– Pelindo
– Jln. Barito Hilir