HST

KPU HST Terima 1.270 Kotak Suara Pilkada 2020

BARABAI, klikkalsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sudah terima Kotak suara dan telah ditempatkan di gedung logistik yang bertempat di Jalan IR P H Noor Barabai, persis di samping Kantor Polres HST.

Johransyah Ketua KPU mengatakan, pihaknya sudah menerima logistik untuk penyelenggaraan Pilkada 9 Desember 2020 nanti, berupa kotak suara dan tinta, pada Rabu (4/11/2020).

“Saat ini logistik berupa kotak suara dan tinta itu di simpan di gudang,” katanya kepada Klikkalsel.com

Logistik tersebut tiba di Barabai sudah sejak semingguan yang lalu, kini disimpan dan dijaga ketat oleh pihak Kepolisian dari Polres Hulu Sungai Tengah (HST).

Adapun untuk jumlahnya kotak suara tersebut adalah 1.270 yang terdiri dari kotak suara untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) dan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub).

Kendati demikian belum ada dilakukan pengecekan terhadap Kotak suara tersebut apakan ada yang rusak ataukah baik-baik saja.

Kotak suara yang tiba tersebut sudah di rakit, jadi dengan kata lain sudah berbentuk kotak dan siap di gunakan.

Johransyah menambahkan, untuk surat suara saat ini belum dicetak dan percetakannya sendiri kontraknya dengan E-Katalog Nasional yang bertempat di Jember Jawa barat, kita akan berkoordinasi dengan beberapa Bawaslu dan Kepolisian untuk turut melakukan pengawasan dan pengawalan.

“Saat ini surat suara belum dicetak, kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengawasan nantinya,” sambungnya.

Surat suara sendiri adalah elemen terpenting dalam penyelenggaraan Pilkada, sehingga untuk ketersediaan, kualitas, jumlah dan sebagainya sehingga dalam prosesnya KPU HST perlu berkoordinasi dengan Bawaslu dan Kepolisian dalam proses percetakannya.

Sedangkan untuk pendistribusiannya sendiri nanti akan di lakukan pada masa tenang terhitung dari 6 Desember 2020 sebelum akhirnya tiba masa pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Baca juga : Bawaslu Kalsel kembali Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada ke Kubu Petahana

Namun untuk beberapa Wilayah pedalaman yang nanti akan memakan waktu lebih akan ditistrbusikan lebih awal atau di prioritaskan dulu di masa tenang itu seperti Juhu, Asing Batai, Dataraja serta beberapa lainnya.

“Pendistribusian lebih awal tentu di wilayah pedalam, dan untuk wilayah lainnya menyusul agar pada hari pemungutan suara semua logistik sudah sampai dan di terima oleh masing-masing KPPS,” pungkasnya. (wawan)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top