Ekonomi

Koperasi Simpan Pinjam Kalah Bersaing Lembaga Pinjaman Lain

AMUNTAI, klikkalsel.com – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Gustafa Yandi menilai pentingnya peran mitra koperasi, untuk meningkatkan mitra koperasi dan mengukur kapasitas peningkatan koperasi di daerah dalam bersaing dengan lembaga-lembaga lainnya.
“Misalnya koperasi simpan pinjam saat ini kalah bersaing dengan lembaga lain, bahkan dengan lembaga tidak resmi seperti pinjaman online yang saat semakin masif pergerakannya,” katanya dalam sambutannya saat membuka acara Pelatihan Perkoperasian dan Pembukuan Sederhana UMK, di Aula Balai Latihan Kerja, Amuntai.
Baca juga : Bete di Rumah, Waria Ini Malah Terjaring Razia saat Nongkrong
Oleh sebab itu, sambungnya, di era teknologi yang semakin pesat ini serta persaingan yang semakin ketat, mitra koperasi harus bisa bersaing dengan lembaga lainnya dalam meningkatkan kapasitas.
“Kerena kalau kita tidak lakukan itu, maka yakinlah kita akan ditinggalkan,” ungkapnya.
Di samping itu, dirinya berpesan kepada seluruh pelaku UMKM akan pentingnya paham tentang pembukuan sederhana dalam pengaturan keuangan, karena untuk mengetahui seberapa jauh usaha yang dilakukan apakah meningkat atapun sebaliknya.
“Saat ini masih banyak penggiat UMKM tidak mengatahui cara melakukan pembukuan sederhana dalam mengatur menejemen keuangan yang baik dan benar,” tuturnya.
Gustafa berharap, melalui pelatihan tentang perkoperasian dan pembukuan sederhana UMK bisa diikuti sebaik baiknya dan bisa memberikan manfaat kedepannya kepada para peserta yang hadir.
Kegiatan pelatihan dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (HSU) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten HSU.
Dengan dihadiri sebanyak 30 peserta baik itu dari pengurus koperasi dan pelaku UMKM yang berada di Kabupaten HSU. Pelatihan perkoperasian dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus hingga 13 Agustus 2020, dan pelatihan pembukuan sederhana dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus hingga 18 Agustus 2020. (doni)
Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top