Kepala Kesbangpol Tabalong Minta Masyarakat Berperan Aktif Memberantas Peredaran dan Penyalahgunaan Narkotika

Peringatan HANI 2024 di Pendopo Bersinar

TANJUNG, Klikkalsel.com – Masyarakat diminta untuk berperan aktif dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan Narkotika di wilayah Tabalong.

Keaktifan masyarakat dapat membuat Bumi Saraba Kawa bersih dari narkoba.

Keinginan tersebut diutarakan Kepala Kesbangpol Tabalong, Arbuansyah saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 di Pendopo Bersinar, Rabu (26/06/2024).

“Mari bersama-sama berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika,” ucapnya saat membacakan sambutan Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah.

Menurutnya, permasalahan narkoba secara global menjadi tantangan berbagai sisi yang menyentuh jutaan orang di seluruh dunia.

Mulai dari individu yang berjuang terkait gangguan penggunaan hingga masyarakat yang bergulat konsekuensi perdagangan narkoba dan kejahatan terorganisir.

Baca Juga Tingkatkan Literasi Masyarakat, Dispersip Tabalong Adakan Lomba Menggambar Untuk Pelajar

Baca Juga PJ Bupati Tabalong Ingin Ciptakan SDM kompetensi SAR yang Baik dan Siap Siaga

“Dampak narkoba sangat luas dan kompleks. Permasalahan tersebut merupakan hal serius yang tidak hanya dihadapi kalangan masyarakat Tabalong namun seluruh bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia pun berharap semua pihak bersatu dan bekerja sama untuk mencegah serta memberantas penyalahgunaan narkotika.

“Masalah ini bukanlah permasalahan BNN atau pemerintah saja, melainkan masalah bersama yang harus dituntaskan,” harap Arbuansyah.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong, AKBP Tukiman menerangkan permasalahan narkotika merupakan tantangan besar yang memerlukan penanganan serius dan berkelanjutan.

Pasalnya, dampaknya tidak hanya merusak kesehatan fisik dan mental individu namun menghancurkan kehidupan keluarga bahkan bisa merusak tatanan sosial serta mengancam masa depan generasi muda,” terangnya.

Menurutnya, penanggulangan narkotika sangat memerlukan upaya yang komprehensif dan sinergis dari semua pihak.

“Kami menyadari bahwa upaya ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dan peran serta aktif dari seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakan melalui momentum peringatan HANI 2024 diharapkan menjadi titik awal untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam memerangi narkotika.

“Mari bersama-sama kita wujudkan kalimantan selatan yang bersih dari narkotika, demi masa depan yang lebih baik bagi generasi penerus kita,” kata Tukiman. (dilah/adv)