Kepala Diskominfo Tabalong Bagikan Pengetahuan Peran Literasi Digital P4GN

Kepala Diskominfo Tabalong ketika membagikan pengetahuan tentang peran literasi digital upaya P4GN

TANJUNG, Klikkalsel.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabalong, M Noor Rifani membagikan pengetahuan tentang peran literasi digital dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Pengetahuan ini diberikan saat bimbingan teknis penggiat P4GN yang dilaksanakan oleh BNNK Tabalong di Hotel Jelita, Pembataan, Murung Pudak, Raby (12/6/2024).

Dalam kesempatannya, H Fani menerangkan setidaknya ada enam peran krusial perangkat digital dalam upaya P4GN.

Diantaranya edukasi melalui media sosial dan situs web, aplikasi dan chatbot edukasi, pelacakan dan analisis data digital, kampanye online dan webinar, penggunaan aplikasi pelaporan, serta kerja sama internasional melalui jaringan digital.

Ia mengatakan dengan adanya literasi digital tadi para peserta bisa memahami fungsi-fungsi tersebut dan bisa membantu terkait P4GN.

Baca Juga Kepala Kesbangpol Tabalong Minta Masyarakat Berperan Aktif Memberantas Peredaran dan Penyalahgunaan Narkotika

Baca Juga Bupati Kotabaru Hadiri Panen Padi Sawah di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur

“Ini dalam rangka melakukan mitigasi ataupun pemberantasan peredaran narkoba di Kabupaten Tabalong melalui digital dan jaringan informatika yang ada,” katanya.

Sementara itu, Kepala BNNK Tabalong, AKBP Tukiman mengatakan Bimtek literasi digital ini merupakan salah satu strategi pihaknya dalam melakukan upaya pencegahan melalui penggiat P4GN.

“Dalam upaya membantu pencegahan melalui media juga menjadi atensi kita bersama. Bahwa jaringan kasus narkoba untuk ranah nasional juga melalui digital yang kita antisipasi melalui pencegahan, sehingga apa yang disampaikan narasumber dari Dinas Kominfo Tabalong sangat mendukung sekali tugas BNNK Tabalong untuk mewujudkan bahwa Tabalong zero terhadap narkoba di tahun 2024 harapan kita bisa tercapai,” tandasnya.

Diketahui, pemberian Bimtek mengenai literasi digital ini difokuskan terhadap 20 penggiat P4GN dari dua Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) yaitu Desa Wirang Kecamatan Haruai dan Desa Mangkupum Kecamatan Muara Uya. (dilah/adv)