Tabalong

Kembangkan Produktifitas Pemuda, Dispora Tabalong dan Jikamaka Ampuh Gelar Pelatihan Wirausaha Baru

TANJUNG, klikkalsel.com – Sebanyak 20 Pemuda dari berbagai Kecamatan mengikuti pelatihan Wirausaha Baru yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporapar) Tabalong bersama Jikamaka Ampuh.

Pelatihan wirausaha baru ini dilaksanakan selama empat hari dari 7 hingga 10 Oktober 2020 di Basecamp Jikamaka Ampuh, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Dalam pelatihan ini, para peserta dibagi kedalam dua kelompok, yakni pelatihan budidaya maggot dan produksi kopi jahe rempah.

Kepala Disporapar Tabalong, Ahmad Rizali Noor, yang membuka langsung kegiatan pelatihan ini memberikan apresiasinya.

“Karena kami menganggap pelatihan sebagai pembelajaran untuk suatu kemahiran bagi para peserta,” katanya.

Rizali berharap, nantinya para peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat menularkan ilmu dan pengalamanan hasil kepada lingkungan sekitarnya masing-masing.

“Kemahiran ini jangan sampai putus hanya pada peserta pelatihan, kalau perlu bisa bermanfaat bagi lingkungannya,” ujarnya.

Baca juga : Gugus Tugas Covid-19 Tabalong Terima Bantuan 8.000 Masker dari PT Pamapersada Nusantara

Rizali juga menyampaikan, sebagai seorang pemuda jangan sampai menjadi penonton orang pekerja, kalau perlu mereka yang membuka peluang pekerjaan.

“Mudah-mudahan dari usaha ini nanti bisa menghasilkan sesuatu, kemudian hasil tersebut bisa di pasarkan kembali,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Jikamaka, Awiek Hadi Widodo mengatakan, pihaknya memberikan bimbingan bagaimana cara membranding, marketing dan manajemennya melalui program inkubator bisnis.

Baca juga : Bupati Tabalong Lepas Tujuh Pasien Sembuh Covid-19

Menurutnya, kegiatan di Jikamaka adalah program yang berkelanjutan dan dampaknya secara nyata.

Terkait bantuan permodalan untuk wirasausaha baru, Awik menjelaskan, dari beberapa pengalaman mereka rata-rata ada beberapa perbankan, perusahaan dan instansi lainnya yang memberikan bantuan dana.

Baca juga : Gugus Tugas Covid-19 Tabalong Terima Bantuan 8.000 Masker dari PT Pamapersada Nusantara

“Mereka akan memberikan dana bantuan melalui CSR, dan kita juga mempunyai program Jikamaka Ampuh dan dari situlah mereka mempunyai kemampuan maka peluangnya untuk mendapatkan modal pun bisa,” jelasnya.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top