Kembangkan Objek Wisata Daerah, Disporapar Tabalong Gelar Kemah Wisata

Bimbingan teknis peningkatan SDM menjadi salah satu materi Kemah Wisata yang digelar Disporapar Tabalong. (foto : istimewa)
TANJUNG, klikkalsel – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong terus mengembangkan serta memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di Tabalong. Salah satu upaya tersebut yaitu melalui digelarnya Kemah Wisata.
Kegiatan yang dipusatkan di objek wisata olahraga Mahe Sebrang, Kecamatan Tanjung ini, diikuti oleh seluruh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Tabalong yang berlangsung selama dua hari dari 1 hingga 2 Desember 2019.
“Selain mengembangkan atau mengenalkan objek wisata yang ada di kabupaten Tabalong, tujuan kegiatan ini juga sebagai wadah silaturahmi antar Pokdarwis,” ucap Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Martha Diana, Senin (2/12/2019).
Baca Juga : 664 Potong Kayu Ulin Ilegal Disita dan Diserahkan ke Dishut Kalsel
Dalam kemah wisata ini, selain menjalin silaturahmi antar Pokdarwis juga turut dilaksanakan aksi kebersihan, penanaman bibit pohon di sekitar lokasi serta memberikan edukasi untuk meningkatkan sumber daya manusia pada masyarakat setempat.
“Kemah wisata ini juga diikuti dari organisasi jejak Tabalong dan pramuka peduli dari Bintang Ara, kita melakukan aksi bersih-bersih dan penanaman bibit di sekitar lokasi serta pemberian materi kepada masyarakat sekitar,” terang Lilis.
Untuk meningkatkan SDM masyarakat setempat, pihaknya mendatangkan pemateri untuk memberikan edukasi.
“Kita mengundang pemateri dari Jaro saudara Loki untuk memberikan edukasi tentang pemanfaatan bahan limbah dan alam di sekitar kita untuk kerajinan tangan dan mengolah makanan khas warga setempat, hal tersebut bisa meningkatkan SDM masyarakat disini,” jelasnya.
Ia menuturkan kegiatan ini sudah kesekian kalinya di laksanakan sejak di bentuknya Pokdarwis di kabupaten Tabalong.
“Ini merupakan agenda tahunan dari Disporapar, tiap tahunnya kemah wisata ini diadakan dan selalu berbeda lokasi, sebelumnya di laksanakan di objek wisata Liang Kantin dan pada tahun ini di objek wisata olahraga Mahe sebrang,” tutur Lilis.
Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif semakin berkembang khususnya di Kabupaten Tabalong.
“Kami juga berharap adanya dukungan dari masyarakat yang serius dalam meningkatkan kepariwisataan Tabalong dan penduduknya yang multi etnis merupakan kebanggan besar bagi sektor pariwisata,” pungkasnya. (arif)
Editor : Akhmad