Balangan

Kelompok Tani Balangan Dapat Bantuan dari Dinas Pertanian

PARINGIN, Klikkalsel.com – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, memberikan bantuan di bidang perkebunan karet untuk para kelompok tani.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Balangan, Amirul, memyampaikan, pihaknya sedang mendistribusikan program bantuan di bidang perkebunan yang dibagi rata untuk 8 kecamatan di Kabupaten Balangan, pada Senin (5/10/2020).

“Program bantuan di bidang perkebunan karet berupa barang dan infrastruktur,” tutur Amirul.

Adapun untuk bantuan tersebut berupa pupuk intensifikasi untuk kebun ada lagi bantuan berupa gudang Unit Pengelola Pemasaran Bersama (UPPB) untuk menyimpan stok dan pengeringan Olah Karet Rakyat (Bokar).

“Ada juga bantuan pembeku latek, yang sangat penting untuk mutu (Bokar) sehingga harga lebih baik karena masyarakat masih banyak yang menggunakan pupuk untuk pembeku karet,” sambungnya.

Baca Juga : Kedua Kali, 1.200 KPM PKH Babirik Terima Bansos Beras

Namun ia juga menjelaskan program bantuan di bidang perkebunan ini hanya diperuntukkan kepada kelompok-kelompok tani bukan untuk perorangan, bantuan tersebut diberikan berdasarkan permohonan yang diajukan secara tertulis ke Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

Sementata, ditemui di kediamannya Arsyad Ketua Kelompok Tani dan Ketua Koperasi Sungai Khiung Lestari Desa Kalahiang menyampaikan bantuan yang diberikan kepada kelompoknya berupa gudang untuk menampung karet pada 2019 lalu.

“Kelompok kami mendapat bantuan berupa gudang yang sangat membantu kami, semula standar isi 3 ton trus kami rubah susunannya, sehingga saat ini sudah bisa menampung karet sebanyak 4-7 ton,” pungkasnya.(wawan)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top