Kebakaran Lahan, Dapur Warga Hampir Hangus Dilahap Api

Sebagian dapur milik warga perumahan Tambak Buluh ikut terbakar.(foto : nuha/klikkalsel)

BANJARBARU, klikkalsel – Akibat cuaca panas serta kurangnya curah hujan disekitar Banjarbaru, menyebabkan kembali terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah tersebut, Rabu (23/10/2019).

Warga perumahan Jalan Tambak Buluh, Trikora Kota Banjarbaru dikejutkan kobaran api yang tiba-tiba membesar disertai angin kencang disekitaran perumahannya, sekitar pukul 13.00 Wita.

Daerah tersebut bertanah gambut, dan menurut Satgas Karhutla Dantim 7 Wilayah Ulin Timur, Peltu Fahurrazy mengatakan api berasal dari kebakaran lahan beberapa hari yang lalu.

“Itu mungkin pengaruh angin, sehingga api yang telah kami padamkan kemarin muncul kembali, puncaknya sampai hari ini merembet ke perumahan warga,” ujarnya.

Sumber air untuk pemadaman tersebut didapatkan dari tempat lain, yaitu di Komplek Herlina berupa Hidran yang telah disediakan PDAM, jaraknya sekitar 2 Km.

“Kami terlambat sedikit dalam upaya pemadaman api, karena pengambilan air lumayan jauh, kalau bisa dari Pemko Banjarbaru menyediakan pengairan, seperti pembuatan sumur, atau sejenisnya,” kata Masyarakat Peduli Api (MPA) BPBD Banjarbaru, Lukman.

Kebakaran tersebut mengakibatkan satu pondok tukang rata dengan tanah dan satu dapur rumah milik warga juga ikut terbakar.

Selain Satgas Darat Karhutla, terlihat beberapa relawan pemadam kebakaran lain turut membantu, diantaranya dari Landu Rescue Banjarbaru dan Putra Daha Banjarmasin. (Nuha).

Editor : Amran