Banjarmasin

Kadisos Banjarmasin Sampai Bawa Baju dalam Mobil untuk ODJG

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Jumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Banjarmasin saat ini sudah 100 lebih. Beberapa diantaranya ada yang masih berkeliaran di jalanan.
Kepala Dinas Sosial Banjarmasin Iwan Ristianto mengatakan, sebenarnya pihaknya berkerja sama dengan Pemprov Kalsel sudah memberikan perhatian terhadap ODGJ di Banjarmasin dengan menyediakan rumah penampungan termasuk ditempatkan di RSJD Sambang Lihum.
Baca juga : Polresta dan Dishub Banjarmasin Pasang Rambu Baru, Roda Dua Boleh Naik Fly Over Tapi Gunakan Lajur Kiri
Namun, bagi ODGJ yang memiliki keluarga tidak dirawat di rumah penampungan ataupun di rumah sakit.
“Nah, bisa jadi mereka ODGJ yang berkeliaran tersebut lepas dari pengawasan keluarganya,” ujar dia, di sela menghadiri rapat paripurna di DPRD Banjarmasin, Rabu (29/7/2020).
Padahal, kata dia, ODGJ tersebut mendapatkan pelayanan obat gratis dari rumah sakit ataupun puskemas terdekat dari tempat tinggalnya. “Lagipula 100 lebih ODGJ tersebut sudah dimasukkan dalam BPJS,” ujarnya.
Jadi, ia berharap, kepada keluarga penderita ODGJ memberikan perawatan telaten, agar si penderita ODGJ tidak berkeliaran ke jalan.
Sampai-sampai, Iwan menyediakan baju layak dalam mobilnya bagi ODGJ yang kedapatan berkeliaran tanpa pakaian.
“Ada beberapa kali saya temukan, jadi saya minta bantuan pegawai untuk memasangkan baju kepada ODGJ tanpa pakaian tersebut,” katanya.
Disinggung soal ada peningkatan ODGJ saat masa pandemi Corona? Iwan menyatakan, tidak ada penambahan kasus ODGJ gara-gara wabah Covid-19.
Menurut dia, penderita ODGJ itu disebabkan bawaan dan sesuatu hal. Jadi pengobatannya sesuai dengan kondisi. (farid)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top