Banjar

Janda Beranak Tiga Bawa Manfaat Warga, Tokoh Desa Kiram : Terimakasih Paman Birin

BANJAR, klikkalsel.com – Warga Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar bersyukur di era kepemimpinan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor. Desa yang dulunya kurang dikenal masyarakat itu, kini familiar dengan beberapa tempat wisata.

Perkembangan pariwisata di desa kawasan dataran tinggi ini kian menggeliat. Pasca Paman Birin membangun tempat wisata Kiram Park pada 2016 lalu.

Seiring waktu bermunculan beberapa tempat wisata alam baru yang dikembangkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat. Terbaru tahun ini, warga RT 1 Desa Kiram membuka destinasi baru yakni “Air Terjun Janda Beranak Tiga”.

Tokoh warga setempat, Amrani mengatakan air terjun itu ramai menjadi pilihan pengunjung, padahal baru dibuka sejak akhir tahun 2020 lalu. Di akhir pekan Sabtu dan Minggu, sebutnya, pengunjung mencapai sekitar 500 orang.

“Retribusi disini hanya dihitung setiap kendaraan yang masuk bisa mencapai 200 sampai 300. Rata-rata yang datang pakai sepeda motor berboncengan,” tuturnya kepada klikkalsel.com, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga : Sampah Pengunjung Kotori Janda Beranak Tiga

Untuk masuk kawasan wisata ini hanya dikenakan Rp5.000 per sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil tanpa ada batasan waktu. Selain itu, juga disediakan jasa ojek sepeda motor dengan tarif Rp15.000 untuk pulang-pergi ke air terjun.

“Kalau jalan kaki sekitar 20 menit ke air terjun, bagus jua bagi ingin berolahraga sambil menikmati udara segar dan pemandangan,” paparnya.

Amrani mengatakan dengan adanya destinasi wisata tersebut sangat berdampak pada aspek ekonomi warga rata-rata petani karet. Menurutnya hal ini tidak terlepas dari kinerja gubernur dalam meningkatkan partisipasi di Kalsel.

“Dulu siapa tahu dengan Kiram, cukup tertinggal dari segi pembangunan. Alhamdulillah sekarang sudah banyak perubahan, Terimakasih Paman Birin sudah mengenalkan Kiram ke masyarakat luas,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top