HSU Siapkan Ruang Isolasi Covid-19

AMUNTAI, klikkalsel.com – Perkembangan kasus Covid-19 yang terus meningkat di Kalsel, tak membuat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang saat ini nihil kasus positif Covid-19 lupa akan penanganan dan pencegahan.
Guna mengantisipasi munculnya kasus Covid-19, HSU telah mempersiapkan ruang isolasi bagi warga yang memiliki gejala sakit menular atau baru tiba dari bepergian keluar daerah yang terjadi wabah corona (Covid-19).
Bupati Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid HK juga telah mengintruksikan agar di setiap kecamatan menyediakan tempat isolasi, sehingga bisa langsung ditangani secara mandiri di tempat khusus dan bergabung dengan anggota keluarga.
“Saya minta setiap kecamatan menyediakan tempat isolasi untuk memisahkan sementara orang yang memiliki gelaja sakit menular, nanti kita siapkan fasilitas dan makannya,” ujarnya.
Terkait dengan hal itu, Camat Danau Panggang H Abdullah, mengadakan rapat kordinasi (rakor) bersama Kapolsek Danau Panggang, Iptu Momo Jon Rodok, perwakilan Danramil Danau Panggang, Serka Sani Mustapa, serta staf Puskesmas Danau Panggang tentang penentuan lokasi karantina Covid-19, di kantor Kecamatan Danau Panggang.
Camat Danau Panggang H Abdullah, menyampaikan, bahwa hasil Rakor tersebut, menetapkan lokasi karantina di dua lokasi yaitu di Aula Kantor Camat dan Gedung Serba Guna Kecamatan Danau Panggang.
“Dua lokasi karantina ini lebih stategis berada dipusat Kecamatan dan lebih mudah diakses dari berbagai desa, lokasi karantina ini sangat perlu bilamana terjadi ada warga diduga terpapar virus Corona,” ujarnya.
Lebih lanjut Camat menuturkan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kecamatan Danau Panggang, yang terdiri dari TNI-Polri, Dinkes, BPBD, Sat Pol PP dan Instansi terkait lainnya, secara aktif melakukan pemeriksaan terhadap warga yang melintas dan masuk wilayah Kecamatan Danau Panggang.
“Terutama juga bagi warga dari dari Provinsi Kalimantan Tengah yang menggunakan sarana air berupa speedboat, longboat dan klotok melalui alur sungai Barito-Sungai Rintisan dan berlabuh di dermaga Desa Pandamaan Pasar Kecamatan Danau Panggang,” tuturnya.
Sementara Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto, S.IK, melalui Kapolsek Danau Panggang Iptu Momo Jon Rodok menjelaskan, pihaknya siap mendukung dengan program ini dan akan bersinergi dengan intansi lain.
“Tentunya diperlukan kesadaran seluruh warga masyarakat dalam cegah tangkal Virus corona ini, kami tetap berharap agar ruangan tersebut tidak digunakan dengan artian tidak ada warga Kecamatan Danau Panggang yang terjangkit Covid-19,” pungkasnya. (doni)
Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan