Hasil Panen Melimpah, Mekarsari Adakan Festival

Kirab produk unggulan desa dalam Festival Nanas Mekarsari 2019. (foto : wahyu/klikkalsel)

MARABAHAN, klikkalsel- Sebagai rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas melimpahnya hasil panen nanas masyarakat di Desa Tamban, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Festival Nanas Mekarsari 2019, Selasa(10/9/2019).

Acara yang diadakan di lapangan Sepakbola Hardoko, Tamban Raya, Km 12.5. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan jalan santai dan senam bersama masyarakat Kecamatan Mekarsari dan para pelajar, pembukaan acara disertai parade sepeda jadul (ontel), kirab produk unggulan desa.

Tak ketinggalan yang menjadi tradisi adalah kontes nanas diikuti oleh 35 peserta terdiri dari Desa Jelapat 2 berjumlah 9 orang, Tinggiran Darat 12 orang, Mekarsari 10 orang, Tamban Raya Baru 1 orang, dan Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas berjumlah 3 orang.

Ketua Pelaksa Festival Nanas Mekarsari 2019 yang juga menjabat sebagai Camat Mekarsari Muhammad Aziz mengatakan, yang membedakan dari tahun sebelumnya adalah tower nanas atau nastarnya lebih tinggi dan lebih besar, ditambah jumlah nanasnya sekarang ada 4.000 nanas.

“Ada peningkatan dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Masyarakat sekitar menyambut dengan antusias dalam acara Festival Nanas tahun ini, nampak ribuan masyarakat berdatangan baik dari sekitaran kecamatan Mekarsari maupun dari luar daerah.

Salah satu kirab produk unggulan hasil panen warga turut memeriahkan acara Festival Nanas Mekarsari 2019. (foto : wahyu/klikkalsel)

Seperti yang diungkapkan warga asal Mekarsari, Dina mengungkapkan acara itu sangat seru dan membuat ia bangga akan daerahnya.

“Kecamatan Mekarsari bisa mengadakan acara sebesar ini, semoga daerah ini bisa berkembang dan akses jalan diperbaiki sehingga untuk kesini bisa lebih mudah,” kata Dina.

Dalam acara tersebut juga hadir Bupati Batola Ibu Hj Noormiliyani, beliau mengapresiasi kegiatan itu. Untuk membawa orang melihat dan berkunjung ke Batola dengan cara industri pariwisata, beberapa event akan dilaksanakan.

“Tentunya ini tidak bisa berjalan sendiri, butuh kerjasama semua pihak terkait,” terang Noormiliyani.

Puncak acara tersebut dengan berebut nanas yang sudah disiapkan tinggi besar berbentuk kue, masyarakat antusias berebut nanas bahkan ada yang sampai memanjatnya.

Adapun tema panitia Festival Nanas Mekarsari 2019 untuk tahun ini yaitu break the limit, yang bermaksud menembus batas.(nuha)

Editor : Amran