Hari Raya Idul Adha, Peziarah Makam Guru Zuhdi Naik Dua Kali Lipat

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dihari raya ke dua Idul Adha, Makam KH Ahmad Zuhdiannor, seorang ulama di Kalimantan Selatan (Kalsel), ramai dikunjungi peziarah yang datang dari Banjarmasin maupun dari luar kota, Sabtu (01/08/2020).
KH Zuhdiannor atau yang akrab disapa Guru Zuhdi, wafat pada tanggal 2 Mei 2020 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, kini ramai dikunjungi para penziarah. Beliau merupakan seorang ulama yang dicintai jemaahnya dan juga menjadi salah satu yang dihormati dan sering dimintai pendapatnya semasa hidup.
Lokasi Makam ulama yang akrab disapa Guru Zuhdi ini berada di Jalan Belakang Mesjid Jami, Antasan Kecil Timur, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalsel.
Baca Juga : Penjual ‘Kambang Barenteng’ Meraup Rezeki di Hari Raya Idul Adha
H Erwin Rosyadi, selaku Ketua Umum Yayasan Majta mengatakan, penziarah sudah ramai dari sehabis Salat Idul Adha sampai saat ini, peningkatan jumlah peziarah yang datang dua kali lipat dari malam biasa, yang biasanya penziarah ramai pada saat malam Jumat hinga malam Senin.
“Ziarah dibuka dari pukul 6 pagi hinga menjelang magrib, dan dibuka kembali selepas Salat Isya sampai pukul 22.30 Wita, kemudian ditutup lagi dan dilanjutkan pengelola kubah melakukan penyemprotan disinfektan setiap harinya,” ucapnya.
Pengurus kubah Guru Zuhdi mengizinkan setiap warga untuk berziarah saat Hari Raya Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak antar peziarah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini sudah di terapkan pengelolas kubah sejak awal dibukanya jadwal ziarah di makam Guru Zuhdi.
Sementara itu Syaid Muhsin, penziarah asal, Kecamatan Batakan, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut datang berbondong bondong untuk berziarah ke makam Guru Zuhdi mengatakan, sudah lama ingin berziarah dan baru kali ini bisa datang.
“Lama sudah hajat kami mau kesini ziarah ke tempat beliau, namun tertunda pada saat PSBB yang hanya bisa melihat dari medsos, jadi kami memanfaatkan kesempatan ini,” imbuh Syaid Muhsin.(airlangga)
Editor : Amran