Gencarkan Gerakan Penghijauan Alam Meratus, Yayasan SMR Didampingi Babinsa Batu Benawa Tanam 1.000 Pohon

BARABAI, klikkalsel.com – Yayasan Sunting Malayang Rescue (SMR), bersama Yayasan Barabai Muda, Keluarga besar Alumnus Garepa SMAN 1 Barabai, didampingi Babinsa Batu Benawa, Sertu Sanu gencarkan gerakan penghijauan.

Penghijauan yang dilakukan di alam Pegunungan Meratus di Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dilaksanakan, Minggu (20/6/2021).

Gerakan tersebut dilakukan dalam bingkai #Savemeratus demi kelestarian lingkungan untuk anak cucu kedepannya. Disamping gerakan penanaman, pada kesempatan itu juga sekaligus merupakan momentum silaturahmi bersama Keluarga Besar Garepa SMAN 1 Barabai yang turut terlibat kegiatan tersebut.

Sebanyak kurang lebih 100 orang turut andil dalam kegiatan tersebut, berasal dari Yayasan SMR, Babinsa Batu Benawa, Keluarga Besar Garepa SMAN 1 Barabai angkatan 1990-2012, Yayasan Barabai Muda serta dari masyarakat setempat.

Babinsa Koramil 1002-07/Batu Benawa Sertu Sanu, Senin (21/6/2021) mengatakan, disepanjang jalan tersebut ditanami berbagai macam bibit, yang didominasi bibit cempedak serta ada beberapa bibit petai, sengun, serta bibit alpukat.

“Semoga nantinya bisa tumbuh besar serta dapat dipetik atau dimanfaatkan hasilnya,” tutur Sertu Sanu.

Ia menambahkan, ini merupakan salah satu perwujudan bersama dalam menjaga Pegunungan Meratus dari kegundulan. Apalagi setelah dilanda banjir dan longsor sebelumnya yang sempat menimbun dan membawa pohon-pohon disekitar sini.

“Save meratus, Save akidah artinya meratus kita jaga bersama,” tuturnya.

Fajar dari Yayasan SMR, menuturkan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutinan untuk penghijauan banua. Tema yang diangkat berupa “Kembalikan Hutan Kami” dengan maksud agar Pegunungan Meratus kembali lestari.

Selain itu, mereka turut pula mengajak semua pihak agar turut andil dalam gerakan penghijauan tersebut.

“Disini kami mengajak Ormas, Komunitas, Pramuka, Perkumpulan Pelajar/Mahasiswa dan segenap lapisan masyarakat untuk bergabung bersama ‘SMR’ dalam giat “Gerakan Penghijauan Alam Meratus” yang Insya Allah rutin kami kerjakan di beberapa titik lahan penghijauan,” tutupnya.(dayat)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan