Gejala Baru Covid-19, Hilang Indra Perasa dan Penciuman

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjarmasin menemukan beberapa indikasi gejala baru yang mengarah ke virus Corona (Covid-19).
Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, menyampaikan saat dijumpai oleh para awak media, Sabtu (13/6/2020). Menurutnya, selain batuk, demam dan sesak nafas, pihaknya juga menemukan gejala baru, yakni hilangnya indera perasa dan penciuman.
Baca juga : Dinkes Banjarmasin Lakukan Swab Massal Terakhir
“Ada yang menjadi gejala baru, yaitu kehilangan indera perasa dan penciuman, jadi mereka tidak mencium bau, tidak merasa pedas, asin, manis atau asam,” ucapnya.
Menurutnya lagi, bahwa gejala baru ini sudah sangat banyak ditemukan di Banjarmasin, pada saat upaya tracking dilakukan. “Ini cukup Banyak kita temukan,” paparnya.
Diketahui ada gejala baru ini disampaikan Machli, bahwa dari beberapa keluhan gejala klinis yang pihaknya terima saat melakukan tracking untuk mencari sebanyak mungkin kasus Covid-19 di Banjarmasin.
“Ini kita ketahui saat dari pengalaman keluhan-keluhan klinis yang kita terima mereka kehilangan indera penciuman dan kehilangan indera perasa, padahal orangnya sehat saja tapi indera penciuman dan perasa mereka hilang, dan orang yang menderita gejala ini melalui hasil swab dinyatakan positif,” paparnya.
Selama ini dikatakan Machli bahwa yang menjadi gejala tersebut yang ada di buku pedoman hanya Demam yang tinggi hingga 38 derajad, batuk pilek panas dan sakit tenggorkan kemudian dalam stadium berikutnya sesak nafas tetapi sekarang ada gejala baru yang muncul.
“Ini yang sudah terkonfirmasi positif, ternyata kok ada gejala baru sedangkan di buku pedoman tidak ada gejala ini dan sekarang muncul gejala baru ini hilangnya indera penciuman dan indera perasa,” tandasnya.(fachrul)
Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan