Ekonomi & Bisnis

Garibaldi Boy Thohir Berbagi Tips Sukses, Ternyata Ini Kuncinya

TANJUNG, klikkalsel – Presiden Direktur (Presdir) PT Adaro Energy TBK Garibaldi Boy Thohir membagikan tips suksesnya kepada para pelaku usaha UMKM saat membuka puncak acara Adaro Spectrapreuner 2019 di Tanjung Expo Center, Kabupaten Tabalong, Senin (11/11/2019).

Menurut Boy Thohir, tips yang pertama harus dimiliki oleh pelaku usaha adalah karakter. Karakter unggul yang mempunyai integritas, menjaga reputasi dan nama baik, ulet, gigih dan pantang menyerah.

“Karena memang menjadi pengusaha itu tidak gampang. Saya selalu mengatakan seorang pengusaha sukses itu haru bisa siap 10 kali jatuh 11 kali bangkit,” katanya.

Tips kedua, Boy Thohir mengatakan usaha itu mesti berproses. Ia mengibaratkan, menuju sukses itu seperti orang naik gunung yang harus berjalan satu demi satu, selangkah demi selangkah untuk mencapai puncaknya.

“Nanti sampai seribu langkah, dua ribu langkah kita tidak sadar Alhamdulillah sudah sampai di puncak gunung. Jadi, ade-ade saya pesan bahwa tidak ada yang instan, jangan melihat seorang Boy Thohir hari ini, tetapi perjuangan saya juga dididik dengan keras oleh kedua orang tua saya mulai dari bawah,” ujarnya.

Tips ketiga, adalah berakar kuat atau berkontribusi kepada daerah di mana kita memiliki usaha.

Boy Thohir menjelaskan, seorang pengusaha yang mampu memberikan kontribusi kepada daerah tempat ia berusaha mempunyai makna yang besar.

“Kalau Tabalong ini maju, dengan kontribusi kita yang kecil, maka kabupaten ini secara ekonomi akan maju. Kalau kabupaten ini secara ekonomi maju, maka produk yang kita jual pasti laku,” ujarnya.

Kemudian, tips keempat adalah di jaman sekarang pelaku usaha harus mengusai dan menggunakan teknologi.

Boy Thohir memaparkan, dengan menguasai teknologi maka seorang pengusa akan lebih mudah mengembangkan usahanya dan mempromosikan produknya.

“Jadi kalau kita ingin stand kita didatangi oleh sepuluh ribu pengunjung. Dengan teknologi kalau kalian mempunyai produk unggulan, dengan kualitas yang bagus, harga yang efisien dan unik begitu masuk ke dalam ekosistem toko pedia ataupun gojek, produk kalian sudah bisa terjual di seluruh Indonesia, bahkan diseluruh dunia.

“Bukan saja secara konvensioal stand kita hanya menunggu orang datang, tetapi dengan teknologi ini kita menjual produk kita ke seluruh Indonesia dan seluruh dunia.

Selanjutnya, tips kelima yang paling penting menurut Boy Thohir adalah doa dan ridho orang tua.

Boy Thohir menceritakan, sepanjang ia menjalani dunia usaha dan bertemu dengan orang-orang sukses di luar sana. Tidak ada satupun dari para pengusaha sukses itu yang tidak sayang sama orang tuanya.

“Karena apapun yang kita lakukan, apapun teori yang tadi ajarkan, akhirnya Allah juga yang menentukan. Dan kuncinya Ridho Allah adalah Ridho orang tua terutama Ibu kita,” pungkas Boy Thohir. (arif)

Editor : Akhmad

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Garibaldi Boy Thohir Berbagi Tips Sukses, Ternyata Ini Kuncinya - LOPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top