Destinasi

Eksplorasi Potensi Wisata HSU Melalui Lomba Maket

AMUNTAI, klikkalsel.com – Dalam rangka mengembangkan potensi pariwisata dan bakat para pemuda yang ada di Hulu Sungai Utara (HSU), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten HSU bekerjasama dengan Pawadahan Nanang Galuh, menggelar kompetisi pembuatan maket (Youth Mockup Competition) Pariwisata di HSU.
Event ini diikuti oleh 8 tim, di antaranya tim The Chai, tim Gadis Desa, tim Alfa, tim KIR Smansa, tim Tumenggung Jalil A dan B, tim Babirik Junior Architect, dan tim Gerpindom. Adapun penilaian dan pengumuman pemenang digelar di GOR Sei Karias Amuntai.
Baca juga : Dua Budak Sabu tak Berkutik Saat Dibekuk Polisi
Kegiatan ini dihadiri Ketua DPD KNPI Kabupaten HSU Almien Ashar Safari, Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kabupaten HSU Nazaruddin, serta Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepariwisataan pada Disporapar Kabupaten HSU Siti Marhamah, yang ketiganya juga sebagai juri.
Kabid Kepemudaan Disporapar HSU Nazaruddin, mengapresiasi kegiatan yang dipelopori oleh DPD KNPI Kabupaten HSU ini.
“Kami mengapresiasi kegiatan-kegiatan kepemudaan seperti ini, dimana organisasi kepemudaan bisa bekerjasama dengan wadah atau perkumpulan pemuda lainnya, mengekplor kreativitas pemuda dalam hal budaya dan pariwisata di samping kreativitas-kreativitas pemuda lainnya sehingga menjadi pemuda yang maju, pemuda mandiri, pemuda yang sejahtera, pemuda yang agamis, dan pemuda produktif bisa terwujud, sesuai dengan doa yang kita panjatkan melalui semboyan MANTAP,” katanya.
Nazaruddin juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada DPD KNPI Kabupaten HSU dan Pawadahan Nanang Galuh Kabupaten HSU atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap event ini tetap terus dilaksanakan serta kegiatan ini dijadikan agenda rutin oleh DPD KNPI dan Pawadahan Nanang Galuh.
“Baik dalam kualitas dan kuantitas, karena event ini sangat baik untuk mengembangkan bakat dan potensi pemuda khususnya pemuda HSU ini. Sehingga keberadaan pemuda dalam kehidupan sehari-hari dapat dirasakan melalui pemberdayaan dan pengembangan pemuda itu sendiri,” tuturnya.
Sementara itu Ketua DPD KNPI Kabupaten HSU Almien Ashar Safari turut mengapresiasi peserta kompetisi dan hasil karya kawan-kawan akan dinilai.
“Hal ini membuktikan, bahwa kalian sebagai pemuda HSU mampu menggali potensi potensi pariwisata yang ada di Kabupaten HSU ini melalui Youth Mockup Competition ini,” ujarnya.
Almien yang juga Ketua DPRD Kabupaten HSU ini menyebutkan, melalui kegiatan ini kalian diajarkan dan dilatih agar dapat lebih kreatif dan inovatif untuk memajukan daerah HSU ini
“Tentunya merupakan harapan kita bersama untuk lebih maju, lebih mandiri, lebih sejahtera, lebih agamis, dan lebih produktif,” tukasnya.
Setelah melalui tahapan penilaian, di antaranya penilaian persentasi masing-masing tim diberikan waktu 7 menit dan sesi wawancara 3 menit, tim juri sepakat menentukan para pemenang.
Untuk pemenang pertama diraih oleh tim Alfa, pemenang kedua tim Gerpindom, dan pemenang ketiga tim Tumenggung Jalil B. Sedangkan juara harapan satu diraih oleh tim KIR Smansa, juara harapan dua tim Babirik Junior, dan juara harapan tiga tim The Chai. Masing-masing pemenang mendapatkan uang, piala, dan piagam penghargaan.(doni)
Editor : Amran
To Top