DKUPP Tabalong Fasilitasi Produk Olahan Pelaku UMKM Bersertifikat Halal

Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil DKUPP Tabalong

TANJUNG, Klikkalsel.com – Beri kemudahan bagi UMKM, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Tabalong memfasilitasi produk olahan para pelaku UMKM dapat bersertifikat halal.

Upaya tersebut dilakukan agar produk olahan UMKM baik makanan dan minuman resmi berlabel halal.

Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil DKUPP Tabalong, Sofiansyah menyampaikan puluhan UMKM binaan sudah memiliki sertifikat tersebut.

“Sudah ada 50 UMKM binaan kita sudah bersertifikat halal secara gratis melalui program sertifikasi halal self declare dari kementerian agama pusat,” ucapnya, Kamis (20/06/2024).

Baca Juga DPMD Tabalong Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengurus BUMDes

Baca Juga Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Pj Bupati Tabalong Panen Bawang Merah Varietas Bima Brebes

Sofiansyah menerangkan adapun persyaratan bagi pelaku UMKM untuk pengajuan halal ini yakni KTP, nomor induk berusaha (NIB), nomor WhatsApp aktif, email dan produk yang bakal disertifikasi.

Menurutnya, program sertifikat halal self declare ini dikhususkan karena produk yang berbahan dari daging dan ayam dilakukan secara reguler atau berbayar.

“Ini karena rumah penyembelihan hewannya tidak bersertifikat halal, maka berbayar,” ujarnya.

Ia pun mengatakan program sertifikat halal tersebut akan kembali dilakukan dengan kouta pengajuan sebanyak 200 ribu untuk seluruh Indonesia pada Juli-Agustus 2024.

“Kita ajukan lagi, jadi masih ada beberapa UMKM akan kami fasilitasi untuk penerbitan sertifikat halal. Sudah masuk draft sekitar 20 dan belum lagi ditambah yang belum terdata,” katanya. (dilah/adv)